10 Seserahan Pernikahan Yang Umum Dibawa Pihak Laki-Laki

Seserahan-Pernikahan.jpg

Seserahan pernikahan atau hantaran merupakan salah satu prosesi menjelang pernikahan. Prosesi ini dilakukan oleh pihak mempelai pria dengan memberikan sesuatu untuk keluarga mempelai wanita. Seserahan diartikan sebagai simbol bahwa seorang pria telah mampu bertanggung jawab menghidupi calon istrinya.

Daftar Seserahan Pernikahan

Sebenarnya tidak ada barang wajib di dalam seserahan. Umumnya berisi barang keperluan wanita yang bermanfaat nantinya. Ada pun adat jawa mengatakan bahwa seserahan yang bagus yaitu yang berjumlah ganjil. Barang seserahan biasanya langsung dipilih oleh calon pengantin wanita. Sehingga seserahan tersebut benar-benar berguna nantinya. Berikut daftar seserahan pernikahan yang biasa dibawa:

1. Perlengkapan Ibadah

Alat sholat dalam seserahan menggambarkan rumah tangga yang dibangun kelak selalu berpegang teguh pada agama. Penganut agama islam peralatan ibadah berupa mukena, sajadah, tasbih, dan al-quran. Sedangkan bagi penganut agama nasrani biasanya berisi rosario, alkitab, dan patung Tuhan Yesus serta Bunda Maria.

2. Cincin Pernikahan

Cicin menjadi hal wajib dalam pernikahan. Mengigatkan bahwa kehidupan itu seperti roda, terus berputar kadang diata kadang dibawah. Lihatlah cincin pernikahan saat ada masalah. Ingatlah bahwa kalian pernah bahagia saat bersama. Kalian adalah pasangan yang ditakdirkan untuk saling melengkapi.

3. Perhiasan

Sudah pasti berbeda dengan cincin pernikahan, di dalam seserahan perhiasan menggambarkan wanita saat menjadi istri kelak selalu bersinar dan penuh pengharapan. Perhiasan yang diberikan antara lain anting, kalung, atau gelang yang terbuat dari emas, intan, atau berlian. Seserahan ini tergantung kesepakatan kedua belah pihak yang disesuaikan dengan badget.

4. Busana Wanita

Seserahan yang satu ini tergantung permintaan calon mempelai wanita, ada yang berupa kain, dress, kebaya, atau pakaian casual. Bahkan ada yang memilih pakaian dalam. Busana ini memiliki arti bahwa suami maupun istri harus pintar menjaga rahasia dalam kehidupannya kelak.

5. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki arti kasih sayang dan cinta, terutama buah pisang. Buah-buahan dalam seserahan bertujuan agar cinta sepasang suami istri kelak bermanfaat untuk keluarga serta masyarakat.

6. Makanan Tradisional

Makanan tradisional dalam seserahan dianjurkan terbuat dari bahan dasar beras ketan. Seperti wajik, jenang, kue lapis, atau jadah. Makanan tradisional ini memiliki makna yaitu agar cinta kedua mempelai selalu lengket.

7. Suruh Ayu

Memang suruh bukan kebutuhan keduanya. Akan tetapi, satu set daun sirih bermakna doa keselamatan dan kebahagiaan pengantin dan kehidupan yang akan ditempuh kedepannya

8. Peralatan Make Up

Peralatan make up ada dalam seserahan itu berarti suami selalu siap menjaga kecantikan istri dengan sebaik-baiknya. Selain itu, suami bersedia memberikan perawatan tubuh serta make up untuk istrinya.

9. Alas Kaki

Alas kaki bervariasi tergantung kebutuhan mempelai wanita, bisa berupa sendal, sepatu, atau selop. Arti alas kaki dalam seserahan doa untuk kedua mempelai agar selalu berjalan lurus dan menjaga pernikahan mereka untuk selamanya.

10. Tas

Filosofi tas dalam seserahan memiliki arti bahwa mempelai pria mampu membiayai keperluan calon istri. Khusus seserahan tas ini diberikan secara mandiri dengan harapan dan maksud terterntu.

Nah itulah beberapa seserahan pernikahan yang umumnya di bawa pihak laki-laki. Kalau kamu sudah menentukan tanggal penikahan, tak ada salahnya mulai mencicil satu persatu.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top