11 Hal Unik Yang Hanya Kamu Temui di Adat Perkawinan Sunda

Adat-Perkawinan-Sunda.jpg

11 Hal Unik Yang Hanya Kamu Temui di Adat Perkawinan Sunda,-Pernikahan adalah upacara yang sakral dan berlangsung dalam kehidupan setiap manusia. Pernikahan bukan hanya sebatas menyatukan dua insan yang berbeda menjadi satu. Namun pernikahan adalah sebuah ikatan suci yang mengikat antara dua insan yang ditakdirkan bersama sehingga menimbulkan hak dan kewajiban masing-masing pasangan. Dalam prosesi pernikahan ada banyak ritual yang harus dilewati begitu juga dengan ritual pernikahan adat sunda.

Hal Unik di Adat Perkawinan Sunda

Nah, apa saja sih hal-hal unik dalam pernikahan sunda yang perlu kita ketahui. Yuk kita bahas mengenai tahapan pernikahan sunda yang unik juga istilah-istilah unik sesuai dengan bahasa mereka.

Prosesi Pernikahan Adat Sunda Sebelum Hari H

Adat Perkawinan Sunda4

Dalam pernikahan sunda dibagi menjadi 2 babak. Babak yang pertama adalah sebelum hari H atau sebelum pernikahan dan yang kedua adalah saat pernikahan. Sebelum pernikahan ada beberapa yang dilakukan yaitu.

1. Naundeun omong artinya menyimpan ucapan

Dalam ritual ini, laki-laki akan menyampaikan niatnya untuk meminta izin melamar sang wanita. Laki-laki akan menyampaikan niatnya melalui seorang wali atau perantara untuk mengikat menyampaikan maksud dalam sebuah pertemuan.

2. Narosan atau nyeureuhan (Lamaran).

Ritual ini dilakukan oleh mempelai laki-laki dengan membawa sirih pinang komplit. Dalam adat sunda, prosesi ini melambangkan tanda sopan santu. Mempelai juga akan membawa makanan, buah-buahan dan dilanjutkan dengan bertukar cincin. Selanjutnya akan dilakukan tunangan yang ditandai dengan pertukaran ikat pinggang warna pelangi atau polos.

Adat Perkawinan Sunda1

3. Seserahan

Lelaki membawa uang, pakaian, perabotan rumah, dan perabotan dapur untuk dibawa kerumah calon wanita. Seluruh bawaan akan diserahkan kepada pihak perempuan sebagai seserahan. Di jawa adat yang yang ini juga ada.

4. Membuat lankun

Apasih membuat lankun? Nah, membuat lankun adalah saling menghadapkan sirih bertangkai lalu digulung dijadikan satu menggunakan benang kanteh. Prosesi ini bermakna sebagai permohonan kelancaran rizki yang dapat dibagikan dengan sanak saudaraa atau orang tua.

5. Berebut uang

Ritual ini dilaksanakan dibawah tikar sambil disawer. Hal ini memiliki makna agar saling berlomba-lomba dalam mencari rizki. Tujuanya, agar mempelai pria juga ikut termotivasi.

Prosesi Pernikahan Sunda Saat Hari H

Adat Perkawinan Sunda

Setelah serangkaian acara sebelum pernikahan, ada juga acara yang dilakukan selama proses pernikahan. Yaitu:

  1. Prosesi pernikahan sunda diawali dengan melakukan penjemputan calon pengantin pria yang dilakukan oleh utusan calon wanita.
  2. Ketika calon mempelai pria datang, ibu dari pengantin wanita mengalungkan bunga berwaarna putih kepada pria. Kemudian mempelai pria akan diapit kedua orang tua wanita menuju kepelaminan. Acara ini dinamakan Ngabageakeun.
  3. Setelah dilakukan pengiringan menuju kepelaminan, mereka akan melakukan akad nikah sebagaimana mestinya. Lalu melakukan sungkeman atau meminta restu kepada orang tua secara simbolik. Mereka akan menerima wejangan atau nasehat dari orangtua wanita (Ayah) atau bisa juga diwakilkan.
  4. Tibalah saat Saweran. Nah prosesi ini sangatlah ramai karena dalam ritual ini kedua pengantin duduk dan menikmati hiburan nyanyian dan pantun dari orang yang diundang pihak Ayah wanita. Kedua pengantin akan dipayungi dengan payung yang besar dan dilempari beras kuning dan kunyit diatas payung.
  5. Setelahn acara saweran, kaki mempelai pria harus menginjak telur lalu dibasuh dengan mengunakan air kembang. Sang wanita akan bertugas membersihkan kaki mempelai pria dengan membasuhkan air. Hal ini merupakan simbol keharmonisan dan kepatuhan seorang istri.
  6. Muka Panto (Buka pintu) yang dilakukan 3 kali, setelah itu dilakukan tanya jawab dengan menggunakan pantun. Hem… unik kan? Setelahnya membaca 2 kalimat syahadat lalu pintu dibuka. Sang pengantin akan masuk menuju pelaminan.

Itulah beberapa hal unik dalam adat perkawinan sunda, bagaimana dengan akad pernikahan di daerah kamu? adakah yang menarik?

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top