4 Hal Unik Yang Hanya Kamu Temui di Adat Perkawinan Batak

Adat-Perkawinan-Batak.jpg

4 Hal Unik Yang Hanya Kamu Temui di Adat Perkawinan Batak,- Tak hanya soal mahar yang unik dalam pernikahan adat batak, dimana Sinamot atau mahar biasanya dipatok dengan sangat tinggi. Menurut adat batak, mahar yang tinggi akan membuat para lelaki bersemangat dalam mencari harta. Apalagi kalau menginginkan seorang gadis yang memiliki kelebihan tertentu. Misalnya keturunan, kecantikkan, pendidikan, karir dan lain sebagainya. Maka mahar yang diminta akan semakin meningkat.

Juga tak lupa, tentu kita masih ingat bagaimana Presiden Jokowi menari tor-tor ketika pernikahan Khahiyang. Inilah beberapa contoh bagaimana khasnya adat pernikahan batak.

Uniknya Adat Perkawinan Batak

Nah selain masalah Sinamot atau mahar dan menari tor-tor, ternyata masih ada beberapa hal unik yang terjadi selama melangsungkan acara pernikahan di Batak. Apa saja itu, berikut beberapa di antaranya:

1. Marsibuhai-buhai

Adat Perkawinan Batak

Dalam pernikahan khas adat Batak pernikahan dimulai dengan calon mempelai pria yang menjemput wanita ke kediamannya. Sang wanita akan dijemput oleh pria dan dibawa ke gereja untuk melangsungkan pernikahannya.

Sambil menunggu datangnya pasangan para tamu akan melakukan doa bersama dilanjutkan dengan makan-makanan berat seperti nasi dan lainya. Tak lupa ada ikan Babi yang merupakan makanan khas Batak Toba.

2. Pamasu-pamasuon

Adat Perkawinan Batak1

Pamasu-pamasuon adalah peroses yang sangat khidmat selama acara pernikahan. Pada sesi ini pengantin pria dan wanita dipandu oleh seorang pendeta gereja wanita untuk mengucapkan kata-kata. Lafald-lafald yang mengandung doa dan harapan serta puji-pujian.

Prosesi dilakukan selama kurang lebih 1 jam. Sang mempelai laki-laki akan memakai jas lengkap sedang mempelai wanita memakai gaun yang dipadukan dengan kaos ulos dan diselempangkan di tubuhnya.

3. Marujuk

Adat Perkawinan Batak2

Prosesi ini adalah puncaknya acara dimana sang pengantin pria dan wanita diantar menuju kepelaminan. Mereka didoakan dan diberkati dalam perjalanan menuju pelaminan. Doa dan pemberkatan dilakukan bersamaan dengan melemparkan beras sebagai bentuk pemberkatan kepada kedua pasangan. Mereka akan disambut dengan tarian hula-hula. Bersama degan itu, para tamu akan berbaris sambil membersi salam dan menari tor-tor.

4. Marhata Sinamot

Adat Perkawinan Batak4

Prosesi ini adalah prosesi penyerahan mahar dari laki-laki kepada sang wanita. Jumlah yang diberikan adalah jumlah yang disepakati pada pertemuan awal. Diberikan kepada ibu mempelai wanita dan yang membawa mahar adalah keluarga mempelai laki-laki sambil menyalami keluarga wanita secara bergantian.

Akhir Kata

Sangat meriah bukan adat perkawinan batak, dan tentunya menarik. Dengan berbagai macam kemeriahan yang tak akan terlupa. Tentu yang paling menarik adalah Sinamot. Sinamot memang punya nilai prestisius tersendiri bagi adat Batak. Sisi positifnya, besarnya mahar yang diberikan berdampak pada berkurangnya angka perceraian.

Hal itu terjadi karena ketika mereka memutuskan untuk menikah lagi artinya mereka harus siap sekian juta untuk memberikan mahar kepada sang gadis. Bagaimana apakah anda berminat memiliki pasangan dari Batak?.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top