5 Buku Nikah Terbaik Sebelum Putuskan Akhiri Masa Jomblo Kamu

Anti-Panik-Mempersiapkan-Pernikahan.jpg

5 Buku Nikah Terbaik Sebelum Putuskan Akhiri Masa Jomblo Kamu,- Pernikahan adalah suatu moment sakral dalam hidup manusia. Pernikahan bukan sekedar upaya untuk melegalkan hubungan baik secara administrasi maupun agama, melainkan juga sebuah komitmen kita bersama dengan pasangan untuk menjalani ibadah kepada Allah SWT. Pernikahan merupakan proses panjang untuk kita dan pasangan agar bisa saling memahami karakter dan kehidupan satu sama lain.

Karena itu, menikah memerlukan persiapan dan “modal” yang cukup, sehingga bisa melewati apapun permasalahan yang mungkin muncul tanpa memikirkan perpisahan sebagai solusi. Untuk itu, kita memerlukan ilmu yang “cukup” sebelum mengarungi bahtera rumah tangga dengan pasangan kita. Ilmu tersebut bisa didapat dari mana saja, baik dari nasehat orang tua, pengalaman orang lain, maupun dari membaca buku.

Daftar Buku Nikah Terbaik

Di bawah ini merupakan buku-buku terbaik yang wajib dibaca oleh kedua calon mempelai sebelum menikah. Di antaranya adalah:

1. Men Are From Mars, Women Are From Venus

Buku nikah

Buku karangan John Gray ini berkisah tentang makhluk bernama laki-laki yang berasal dari Planet Mars dan Perempuan yang berasal dari Planet Venus. Keduanya saling mencintai namun memiliki banyak sekali perbedaan. Buku ini mengajarkan gambaran karakter laki-laki dan perempuan secara garis besar, serta cara menghadapi persoalan yang mungkin muncul dari perbedaan tersebut.

Banyak hal dalam buku ini yang bisa kita terapkan pada proses pernikahan. Buku ini juga memberikan pemahaman bahwa perbedaan bisa saja menjadi menyenangkan untuk dijalani ketika kedua belah pihak saling memahami. Sebaliknya, perbedaan juga bisa membawa petaka jika kedua belah pihak tidak mau saling mengerti.

2. Things I Wish I’d Known Before We Got Married

Orang-orang bisa dengan baik merencanakan sebuah liburan, namun bisa menjadi sangat ceroboh dalam mempersiapkan pernikahan. Perencanaan yang kurang matang perlu dilakukan sebab menikah tidak hanya mengandalkan ketertarikan yang ada di perasaan masing-masing pasangan.

Buku ini memberikan kita sebuah gambaran untuk merencanakan pernikahan dari berbagai sisi, baik keuangan, emosi, komunikasi, peran suami istri, hingga tugas-tugas masing-masing pihak dalam urusan rumah tangga.

3. Bahagianya Merayakan Cinta

Buku ini mengupas persiapan-persiapan pernikahan yang dikupas tuntas dan lengkap; mulai dari persiapan pernikahan, memahami pasangan, interaksi dengan mertua atau anggota keluarga lain, hubungan dengan masyarakat sekitar, tips menciptakan pernikahan yang berkah, hingga persoalan malam pertama.

Buku besutan Salim A Fillah ini mengupas semuanya dari berbagai sisi, baik secara syariat Islam, psikologi, serta pandangan umum yang berkembang di masyarakat.

4. Sutra Ungu

Buku nikah Sutra Ungu ditulis oleh Ustadz Abu Umar Basyir khusus untuk orang-orang yang sudah benar-benar siap menikah. Isi buku ini bercerita tentang adab-adab jima’ dari perspektif Islam sesuai dengan tuntunan Nabi. Bisa dibilang buku ini merupakan panduan untuk berhubungan intim sesuai dengan pandangan islam.

Meskipun dalam situasi tertentu seks merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan, namun sebelum menghadapi pernikahan, ilmu tentang seks yang benar juga perlu diketahui. Buku ini membantu calon pengantin agar tidak mengais ilmu tentang seks antara suami dan istri dari sumber yang keliru.

5. Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan

Segala permasalahan calon pengantin akan dibahas tuntas di buku yang diluncurkan pada tanggal 13 April 2017 ini. Persiapan pernikahan yang pasti banyak menyita waktu, tenaga, dan pikiran calon pengantin. Buku ini menceritakan hal-hal yang harus dipersiapkan oleh calon pengantin, baik wanita maupun pria. Tujuannya untuk membantu para calon pengantin mengukur persiapan dan kesiapan mereka.

Selain itu, buku nikah ini juga membahas tentang berbagai tips menarik dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang mungkin muncul di antara kedua calon pengantin.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top