5 Ciri Ciri Wanita yang Baik untuk Dinikahi Menurut Islam

Ciri-Ciri-Wanita-Yang-Baik.jpg

Membina rumah tangga tidak hanya dilakukan dalam hitungan tahun, melainkan hingga akhir hayat. Bahkan di akhirat kelak pasangan suami istri akan dipertemukan kembali. Oleh sebab itu, semua muslim menginginkan muslimah yang baik untuk mendampingi hidupnya. Muslimah yang tepat untuk dinikahi adalah wanita yang bukan hanya bisa mendampingi di dunia, namun juga kehidupan di akhirat nantinya.

Ciri Ciri Wanita yang Baik

Sebagai calon pemimpin, wajib tahu ciri ciri wanita yang baik untuk dinikahi menurut islam seperti berikut ini.

1. Memiliki Keimanan Terhadap Allah SWT

Menurut islam ciri wanita yang baik adalah wanita yang memiliki keimanan kuat terhadap Allah SWT dan agamanya. Wanita seperti ini tidak memiliki sifat malas dalam menjalankan perintah agama. Hanya menyandarkan diri kepada Allah SWT, bukan kepada manusia. Dengan demikian, wanita yang memiliki keimanan terhadap Allah SWT senantiasa menggali ilmu terkait agama.

Allah berfirman: “Allah menyediakan untuk mereka azab yang keji, maka bertakwalah kepada hanya Allah wahai manusia-manusia berakal, (yaitu) orang-orang yang beriman. Sesungguhnya Allah SWT telah menurunkan peringatan terhadapmu.”

2. Akhlak dan Kepribadian yang Baik

Wanita yang baik yaitu wanita yang mampu mengelola akhlak dan kepribadiannya dengan sangat baik. Wanita yang baik tidak mudah diperbudak oleh setan karena mampu menjaga emosi dan hawa nafsu. Akhlak serta kebribadian baik muncul karena keimanan terhadap Allah SWT.

Akhlak dan kepribadian yang baik ini terbentuk seiring dengan tingkat keimanan. Sebagai wanita haruslah senantiasa meningkatkan kualitas keimanan agar akhlaknya selalu terjaga.

Islam menjelaskan wanita sebaiknya mencontoh sifat istri-istri nabi maupun istri para sahabat nabi. Wanita-wanita ini dapat dijadikan contoh karena hidupnya benar-benar tercatat dalam sejarah islam.

Sebagaimana Allah menyampaikan dalam al-qur’an: “Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka terdapat pengajaran bagi orang-orang yang berakal. Al-qur’an bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi menegaskan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.”

3. Akal dan Pengetahuan yang Berpotensi untuk Terus Berkambang

Wanita harus memiliki akal untuk mempelajari dan mengoptimalkan pengetahuannya hingga mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang tertulis dalam al-qur’an, “Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah SWT menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanaman-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur. Seseungguhnya demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang berakal.”

4. Siap Memikul Tanggung Jawab sebagai Khalifah Fil Ard

Wanita baik menurut islam yaitu wanita yang dapat menjalankan misi kekhalifahan melalui pembangunan keluarga yang shakinah, harnonis, sakinah, mawaddah, warahmah menurut islam. Wanita memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini.

Diceritakan istri ketujuh Rosulullah SAW, Zainab merupakan wanita yang kedudukannya hampir sama dengan Rosulullah SAW. Zainab digambarkan wanita solehah memiliki hati lembut, memiliki kebaikan, kebenaran, lebih dalam pertalian darahnya, dermawan, serta pengorbanannya dalam hidup. Itulah yang membuat Zainab lebih dekat dengan Allah SWT.

5. Ringan Maharnya

Nikahilah wanita yang meminta mahar ringan. Wanita boleh meminta mahar mahal asalkan nilai mahar itu setara dengannnya. Rosulullah bersabda, “Sebaik-baiknya wanita adalah wanita dengan paras cantik dan ringan maharnya.”

Dengan kata lain, ciri ciri wanita yang baik adalah wanita yang rela menerima mahar apapun dari lelaki yang menikahinnya. Tentu mahar tersebut sudah sesuai syarat hukum syar’i.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top