5 Ciri Khas Riasan Pengantin Sunda, Penuh Makna dan Sakral

riasan-pengantin-sunda.jpg

Riasan pengantin sunda banyak menjadi pilihan pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan. Hal ini tak lepad dari budaya di Indonesia yang sangat kaya membuat setiap tingkatan kehidupan menjadi spesial sekaligus sakral. Setiap suku di Indonesia punya kebiasaan masing-masing yang unik. Meski terkadang tujuannya sama, tapi disampaikan dengan cara yang berbeda-beda. Antara lain dari riasan.

Ciri Khas Riasan Pengantin Sunda

Salah satu yang menarik untuk ditengok adalah riasan pengantin wanita Sunda. Sangat khas, pengantin wanita Sunda langsung bisa dibedakan dari pengantin lainnya dari sesama pulau Jawa. Apa saja ciri khas pengantin Sunda dan apa makna di baliknya?

1. Ngeningan Daun Sirih

Dimulai dari wajah sang pengantin wanita, tepatnya di bagian dahinya, antara alis kanan dan kiri. Bagian ini akan ditempeli daun sirih yang sudah dibentuk menyerupai wajik kecil yang rapi. Warna hijau alami seolah jadi penghias di wajah sang pengantin. Tapi ternyata di baliknya mengandung makna yang dalam, bukan sekedar hiasan saja.

Wajik dari daun sirih yang ditempel di kening ini memiliki arti magis, yaitu sebagai penolak bala. Diharapkan dengan mengenakan ngeningan daun sirih ini, para pengantin wanita dan keluarganya akan terbebas dari berbagai musibah dan kejahatan, terutama yang sifatnya magis. Dengan begitu, pernikahan akan berjalan lancar.

2. Mahkota Siger

Satu ciri khas yang langsung membedakan pengantin Sunda adalah bentuk mahkotanya. Hiasan indah di kepala ini dinamakan Mahkota Siger. Ukurannya besar, bercahaya, dan tampak sangat cantik. Karena ukurannya yang besar ini, maka bobotnya pun memang cukup berat yaitu 1.5 sampai 2 kg. Karena materialnya dari campuran logam, jadi cukup berat saat dipakai.

Bentuk mahkota ini menyerupai segitiga yang mengerucut ke atas. Bentuk ini melambangkan bahwa kehidupan itu harus meningkat dan ada puncaknya. Arti lainnya adalah hidup kita akan kembali kepada yang di Atas. Penggunaan Mahkota Siger konon terinspirasi dari Subardha dan Srikandi yang berkarakter anggun, cantik, tapi tetap pemberani.

3. Kembang Goyang

Riasan pengantin Sunda mengenakan 7 buah kembang goyang di atas sanggulnya. Kembang goyang terbuat dari logam yang dihiasi dengan beragam bebatuan berkilau. Didesain sedemikian rupa agar bisa bergoyang-goyang saat si pengantin bergerak. Kembang goyang memperindah dan melengkapi riasan secara keseluruhan.

Di balik keindahannya, kembang goyang juga punya makna tersendiri yaitu rezeki dan kebaikan bagi pengantin wanita dan pria. Diharapkan pernikahan mereka akan berjalan baik dan penuh rejeki. Lima kembang goyang menghadap ke depan, sementara dua lagi menghadap ke belakang. Ini melambangkan bahwa wanita tetap cantik dilihat dari berbagai sudut.

4. Kembang Tanjung

Masih di bagian belakang kepala, kali ini letaknya ada di bagian belakang sanggul. Pada pengantin Sunda, sanggul yang dinamakan puspasari tidak hanya sekedar berwarna hitam atau warna asli rambut si pengantin saja. Melainkan dihiasi lagi dengan 6 buah kembang tanjung, yaitu hiasan yang bentuknya menyerupai kupu-kupu kecil. Ini menambah riasan tetap terlihat cantik meski dari belakang.

Ternyata keenam hiasan kembang tanjung ini memiliki arti tersendiri. Artinya adalah kesetiaan pengantin wanita kepada pasangan. Bersama dengan kembang goyang, keduanya menghiasi kepala bagian belakang pengantin wanita Sunda.

5. Untaian Bunga

Seperti banyak pengantin dari suku lainnya di Indonesia, pengantin Sunda juga menggunakan untaiian bunga yang disebut ronce. Panjangnya ada di kisaran 20 hingga 30 cm. Bunganya terdiri dari gabungan bunga melati, kemboja, sedap malam atau bunga tanjung. Bunga-bunga ini kemudian disusun menjadi apa yang disebut sebagai mangle pasung dan mangle susun, mangle sisir, mayang sari, dan panetep.

Secara keseluruhan, makna riasan pengantin Sunda untaian bunga ini menggambarkan kehidupan wanita. Saat menemukan pasangan, ia telah menemukan keseimbangan hidup. Maka ia telah meneguhkan hati dan membuat keputusan untuk menikah. Bunga yang menutupi sanggul bermakna wanita harus pintar menabung agar kehidupan keluarga terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top