5 Ide dan Inspirasi Dekorasi Pernikahan Keren Tapi Murah dan Terjangkau

Inspirasi-Dekorasi-Pernikahan.jpg

Menyatukan kasih sayang dua insan antara kamu dan si dia tentu saja adalah sebuah cita-cita yang mulia. Jangan sampai cita-cita ini kandas hanya karena biaya yang tidak mencukupi, sementara kamu ingin pernikahan ini perfect.

Untuk meminimalisir budget, kamu dapat menekan beberapa pengeluaran, salah satunya melalui kanal dekorasi. Simak beberapa ide dan inspirasi dekorasi pernikahan murah yang bisa kamu ciptakan sendiri di bawah ini!

Inspirasi Dekorasi Pernikahan Murah

1. Dekorasi Gantungan Yang Murah

Suatu acara pernikahan kadangkala terasa kurang semarak jika tidak terdapat gantungan. Ada beberapa alternatif dekorasi Gantungan murah seperti beberapa contoh di bawah ini

Lampion Buatan Sendiri

Dalam menyiasati pembelian gantungan, kamu dapat membuat lampion sendiri dari kertas. Ada banyak tutorial membuat lampion di internet. Buatlah banyak lampion berwarna putih lalu ikatkan pada seutas tali yang kokoh. Gantungkan di langit-langit pestamu.

Gantungan kain-kain polos

Kain polos putih atau warna pastel dapat kamu gunakan untuk mendekorasi atap lokasi, asalkan kain tersebut memiliki panjang yang mencakup lantai hingga plafon lokasi pesta. Bentangkan kain-kain tersebut.

Tirai dari pita-pita

Buatlah tirai dari pita-pita berwarna-warni. Selain sebagai gantungan, kreasi ini dapat dijadikan Backdrop foto.

2. Kreasi Backdrop Pernikahan Murah

Backdrop atau latar adalah salah satu perlengkapan pernikahan yang krusial, mengingat Backdrop dapat dilakukan sebagai latar pelaminan atau latar photobooth dari suatu pernikahan. Photobooth dengan foto langsung cetak dapat kamu gunakan sebagai ganti souvenir pernikahan. Oleh karena itu, membuka photobooth dapat menjadi salah satu sarana menekan pengeluaran untuk souvenir.

Backdrop ini dapat kamu kreasikan dengan budget murah meriah dengan beberapa cara ini:

Gunakan Kain Batik di Rumah

Kain batik sebagai Backdrop photobooth dapat digunakan pada pernikahan dengan tema adat Jawa, nasional umum, bahkan rustic wedding karena palet warna yang didominasi warna cokelat. Kain batik yang melapisi di papan Backdrop dapat dikombinasikan dengan bunga-bunga aster putih atau ornamen lainnya yang berwarna putih. Sediakan juga balon ucapan kreatif yang membuat tamu turut baper dan terbuai nuansa romantis!

Gunakan kain polos yang dihiasi bunga bunga kertas

Lapisi papan Backdrop dengan kain polos berwarna putih, pink pastel muda, hijau muda, atau biru muda. Buatlah kreasi bunga bunga kertas besar dari kertas berwarna-warni. Model bunga yang dipilih bisa mawar atau aster, tergantung tema yang dipilih. Tempelkan bunga bunga tersebut pada kain.

Cantumkan quotes cantik di papan Backdrop polos

Seperti poin 2, buatlah Backdrop polos, lalu tempelkan quotes romantis yang ditulis dengan gaya lukis hand lettering. Kamu dapat menambahkan Doodle di sekitar quotes tersebut.

Gunakan latar polos dan letakkan pot bunga yang diletakkan di atas rak-rak

Gunakan latar seperti ini, lalu letakkan bunga bunga dan hijauan di sisi kiri dan kanan kursi pengantin. Letakkan bunga dan hijauan di atas rak-rak berwarna hitam langsing berbentuk tangga agar memberi kesan berkelas.

3. Menggantungkan Foto Foto Kenangan

Yang pasti jangan foto kenangan mantan ya. Mantan pacar yang sekarang berevolusi menjadi suami, baru boleh. Print foto kenangan yang memicu haru seperti kenangan masa kecil, kenangan di rumah lama, kenangan bersama teman, bahkan kenangan bersama kerabat yang telah tiada untuk mengenang masa-masa bersama mereka. Sejatinya pernikahan adalah momen silaturahmi dan momen reuni. Baik reuni dengan kerabat maupun dengan kenangan itu sendiri.

Gantungkan foto foto yang telah dicetak tersebut pada tali akar. Selipkan kertas berisi quotes atau paragraf pendek deskripsi kenangan dalam foto tersebut. Misal, mempelai wanita umur 2 tahun. Foto foto ini pun dapat menjadi ungkapan terima kasih kamu atas jasa jasa karib kerabat yang telah ikut serta dalam kehidupanmu hingga detik ini.

4. Bunga-Bunga Rumput dan Kaleng Bekas

Jika kebetulan di dekat rumahmu ada kebun bunga atau kamu memiliki kebun bunga, hal ini pertanda baik. Kamu dapat menggunakan bunga di kebunmu sebagai dekorasi. Ambil beberapa bunga untuk dirangkaikan dalam satu buket. Untuk mensiasati vas bunganya, kamu dapat menggunakan kaleng bekas susu yang kecil atau besar, dan kaleng-kaleng artistik lainnya untuk menyimpan bunga.

Barang bekas lainnya yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan bunga adalah sepatu boots bekas dan botol kaca bekas. Hias botol bekas dengan kain renda dan pita agar memberi kesan manis. Kamu dapat gunakan bunga rumput kecil untuk mengisi botol kaca  bekas ini.

5. Balon berisi Glitter

Inspirasi dekorasi pernikahan murah bisa datang dari hal sederhana. Gunakan balon bening, bertulisan atau tidak, yang diisi Glitter untuk menghias pesta pernikahanmu. Pilihlah Glitter berwarna pink atau emas untuk memberi kesan anggun atau glamor.

Demikian beberapa inspirasi dekorasi pernikahan yang mudah namun berkelas. Daripada membuang-buang uang untuk hal yang sesungguhnya dapat dihemat, lebih baik kamu tabungkan untuk mengisi investasi masa depan bersama si dia dan anak-anak kelak.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top