5 Kesalahan Persiapan Pernikahan Yang Sering Sekali Dilakukan Calon Pengantin

over-diet.jpg

5 Kesalahan Persiapan Pernikahan Yang Sering Sekali Dilakukan Calon Pengantin,- Ada banyak hal yang harus diurus dalam persiapan pernikahan sebelum melangsungkan akad nikah. Banyaknya detail yang harus dilakukan dan dipersiapkan membuat kedua belah pihak–baik kedua mempelai pengantin maupun keluarga mempelai–harus mencurahkan fokusnya dalam menentukan mana yang harus dilakukan dan tidak dilakukan agar acara pernikahan bisa berjalan lancar dan tanpa kendala.

Perencanaan pernikahan yang matang membuat acara terealisasi sesuai rencana dan keinginan pengantin, serta meninggalkan kesan yang menyenangkan kepada tamu yang diundang.

Kesalahan Persiapan Pernikahan

Namun, tanpa disadari, ada banyak kesalahan-kesalahan dasar yang bisa membuat rencana pernikahan yang sudah dibuat menjadi gagal terealisasi dengan baik.

1. Terburu-buru Menentukan Konsep Pernikahan

konsep persiapan pernikahan

Konsep pernikahan memang merupakan salah satu aspek yang paling dipikirkan oleh para calon pengantin sekaligus paling ditunggu oleh para tamu undangan. Dalam hal menentukan konsep pernikahan, ada baiknya jika konsep pernikahan tersebut dikomunikasikan dan didiskusikan secara matang dengan kedua pihak keluarga.

Kesepakatan bersama tentang konsep pernikahan akan membuat acara berjalan dengan sukses dan lancar sebab didukung oleh banyak pihak yang terlibat dalam acara tersebut.

2. Menentukan Tempat Sebelum Menentukan Jumlah Tamu Undangan

Memesan gedung pernikahan sebelum membuat daftar tamu yang jelas sangat riskan untuk dilakukan, bahkan berpotensi membuat acara pernikahan yang direncanakan berjalan dengan khidmat dan lancar menjadi kacau. Tamu undangan menjadi tidak nyaman dengan gedung yang terlalu sempit dan tamu undangan yang melebihi kapasitas.

Ada baiknya tuliskan terlebih dahulu daftar tamu yang akan kita undang sebelum menentukan tempat yang akan kita pakai. Dengan begitu maka kita telah membuat tamu menjadi lebih nyaman dalam acara kita.

3. Lupa Menyiapkan Dokumen Penting untuk Pernikahan

Dokumen persyaratan pernikahan merupakan hal yang wajib dipenuh dan disiapkan selama masa persiapan pernikahan. Sayangnya, banyak pasangan calon pengantin yang kemudian lupa untuk mengurus dokumen pernikahan yang belum dimiliki atau hilang karena terlalu fokus mempersiapkan agenda pernikahan.

Persiapkan terlebih dahulu dokumen yang penting sebelum memikirkan tentang teknis pelaksanaan acara pernikahan.

Baca Juga: Tata Cara dan Syarat Menikah Dengan WNA di Indonesia

4. Over Dieting dan Over Treatment

Memiliki tubuh yang indah menjelang pernikahan memangmenjadi salah satu impian calon pengantin. Tidak heran jika kemudian banyak calon pengantin–terutama perempuan–melakukan diet atau treatment tertentu demi mendapatkan tubuh yang bagus saat hari H pernikahan.

Hal ini tidak salah, hanya saja pastikan kita tidak berlebihan dalam melakukan diet atau treatment. Jangan sampai perlakuan yang berlebihan justru membuat tubuh kita sakit atau tidak fit saat hari H.

5. Terlalu Hemat

Dalam merencanakan sebuah pernikahan, kita tidak bisa menganggar dana yang terlalu minim. Untuk beberapa pos seperti konsumsi membutuhkan anggaran cadangan untuk mengantisipasi pembengkakan pengeluaran. Meskipun sah-sah saja merencanakan pernikahan yang hemat dan sederhana, namun suatu acara tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana kita.

Sehingga kita tetap perlu menyiapkan back-up plan agar acara pernikahan tetap bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita. Yang terpenting dalam persiapan pernikahan, semuanya harus dibicarakan dengan detail dan tak mengabaikan kesepakatan.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top