5 Makanan Tradisional Pernikahan Adat Jawa Yang Selalu Dirindukan

Makanan-Tradisional-Pernikahan-Adat-Jawa-4.jpg

5 Makanan Tradisional Pernikahan Adat Jawa Yang Selalu Dirindukan,- Bangsa ini punya banyak sekali kekhasan. Tiap daerah di nusantara bahkan memiliki ciri khas yang membuat daerah itu berbeda dengan yang lainya. Itulah mengapa, sulit untuk mendiskripsikan bangsa ini dengan satu deskripsi utuh. Yang bisa kita lakukan hanya membuat konstruksi yang sifatnya terbatas dan limitatif. Tak terkecuali juga soal urusan adat pernikahan.

Tak hanya sekadar prosesi pernikahan saja yang unik dan mengundang decak kagum. Makanan yang dihidangkan di atas meja, juga penuh dengan kekhasan. Apa yang kita temui di adat jawa, akan berbeda bila kita berkunjung ke pernikahan adat batak, minangkabau, betawi dan lainya. Bahkan antar suku jawa di daerah A, akan berbeda dengan di daerah B.

Makanan Tradisional Pernikahan Adat Jawa

Apapun itu, buat kamu yang mengenal tradisi pernikahan jawa, kamu pasti merindukan beberapa makanan di bawah ini. Sebab selain cita rasanya yang nikmat, dibeberapa daerah, makanan berikut juga hanya bisa kita temui saat acara pernikahan. Apa saja itu?

1. Jenang

Makanan Tradisional Pernikahan Adat Jawa

Jenang adalah makanan tradisional yang sifatnya wajib ada dalam setiap acara pernikahan. Masyarakat adat jawa biasa membuat makanan ini sendiri. Dengan bahan dasar tertentu, makanan ini diolah menjadi makanan yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis berwarna coklat.

Bagi masyarakat adat jawa, jenang memiliki simbol rasa syukur atas rezeki yang telah Tuhan berikan. Jenang yang dibuat dalam acara pernikahan, berbeda dengan jenang yang bisa kamu temui di Kudus sebagai makanan oleh-oleh.

2. Rengginang

Makanan Tradisional Pernikahan Adat Jawa 1

Makanan tradisional pernikahan adat jawa berikutnya adalah Rengginang. Bagi yang lahir di Jawa, pasti sangat akra dengan makanan yang terbuat dari ketan yang telah dikeringkan ini.

Rasanya sangat renyah biasanya disediakan dengan varian warna merah, hijau dan putih. Secara simbolik makanan tradisional ini tidak memiliki makna yang berkaitan dengan apapun di dunia ini.

3. Naga sari/Kelincuk

Makanan ini adalah makanan tradisional yang berasal dari sumatra selatan. Namun, dalam adat pernikahan jawa makanan ini selalu ada. Naga Sari terbuat dari beras ketan yang dibuat menjadi adonan dan dalamnya diisi dengan pisang lalu dibungkus menggunakan daun pisang.

Naga Sari melambangkan pengharapan agar sang pengantin segera dikaruniai seorang anak.

4. Ketan

Ketan adalah makanan yang berasal dari tumbuhan mirip dengan padi. Biasanya dalam pernikahan adat Jawa makanan khas ini disuguhkan dengan dilembutkan terlebih dahulu.

Setelah benar-benar lembut makanan akan ditaruh dalam cetakan kotak dan didiamkan. Ketika hendak menyuguhkan ketan dipotong kotak-kotak kecil, ukuran kurang lebih 5×10 cm.

5. Lemper

Makanan ini juga berasal dari ketan seperti Rengginang dan Naga sari. Bedanya Lemper ini diisi dengan abon di dalamnya lalu diselimuti dengan ketan dan ditutup menggunakan daun pisang.

Di zaman sekarang makanan ini masih banyak disediakan sebagai makanan tradisonal adat pernikahan jawa, khususnya di daerah yang masih memegang teguh adat. Biasanya, dihidangkan bersama dengan makanan lain seperti Roti, Pisang dan lainya.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

One Reply to “5 Makanan Tradisional Pernikahan Adat Jawa Yang Selalu Dirindukan”

  1. rizky berkata:

    Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
    Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)
    Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top