5 Makanan Tradisional Pernikahan Adat Sunda Yang Tekenal Hingga Mancanegara

Makanan-Tradisional-Pernikahan-Adat-sunda.jpg

5 Makanan Tradisional Pernikahan Adat Sunda Yang Tekenal Hingga Mancanegara,- Sunda merupakan salah satu suku di Indonesia yang berasal dari bagian barat wilayah Indonesia. Suku ini terkenal memiliki keunikan soal cita rasa kuliner khas Indonesia. Bahkan makanan khas sunda banyak dicari masyarakat mancanegara. Tak terkecuali juga soal urusan makanan tradisional yang hanya ada dalam pernikahan adat sunda.

Makanan Tradisional Pernikahan Adat Sunda

Nah, apasaja sih yang menjadi makanan wajib adat Sunda dalam pernikahan?. Yuk kita bahasa satu-per satu makanan khas sunda yang ada dalam setiap pernikahan.

1. Koredok

Makanan Tradisional Pernikahan Adat sunda

Koredok merupakan salah satu makanan khas sunda yang dibuat dari bahan berbagai bahan tertentu, seperti Mentimun, Taoge, Kol, Kacang panjang, Kemangi dan lainya yang dicampur menjadi satu.

Dengan menggunakan saus dari bumbu kacang yang terbuat dari rempah-rempah pilihan khas Sunda. Koredok merupakan makanan berat yang biasanya sering disediakan dalam pernikahan adat sunda. Mungkin kamu bisa juga menemui makanan ini di luar acara pernikahan.

2. Sayur asem

Makanan Tradisional Pernikahan Adat sunda1

Ketika mendengar Sayur Asem tentu banyak orang yang mengenalnya. Sayur asem dibuat dari bahan sayuran yang dicampur dengan rempah-rempah pilihan. Rasanya pedas gurih dengan tambahan asem sebagai bahan yang menggambarkan identitas namanya.

Dalam pernikahan adat Sunda biasanya makanan ini dijadikan hidangan berat. Namun, seiring berkembangnya waktu masyarakat Sunda kini lebih menyukai Korendok yang simpel dan mudah dibuat ketimbang sayur asem.

3. Payeum

Makanan Tradisional Pernikahan Adat sunda2

Setelah membaca namanya tau tidak makanan apa ini?. Ini adalah salah satu makanan khas sunda yang sering ada dalam pernikahan. Makanan ini berbahan dasar Singkong yang difermentasikan. Makanan ini banyak disukai oleh masyarakat umum dikarenakan rasanya yang manis.

Uniknya makanan ini tidak dibubuhi gula melainkan dari bakteri yang kemudian berubah menjadi glukosa. Hal ini yang menimbulkan rasa manis pada singkong. Hemm.. tertarik membuat?

4. Surabi Bandung

Makanan Tradisional Pernikahan Adat sunda3

Kalau makanan ini tentu banyak yang tau kan?. Makanan ini dibuat dari tepung beras yang dimasak dengan kuali khusus. Surabi ini hanya memiliki dua farian rasa yaitu oncom dan original.

Namun seiring berkembangnya fariasi makanan Surabi juga ikut mengalami perkembangan farian rasa. Biasanya dalam pernikahan Surabi dijadikan sebagai makanan ringan seperti Payeum.

5. Dodol

Makanan Tradisional Pernikahan Adat sunda4

Dodol merupakan makanan khas yang terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan dalam tradisi pernikahan sunda Dodol menjadi salah satu makanan ringan yang disediakan dalam resepsi. Selain rasanya enak dodol memiliki farian bentuk dan rasa, yang paling terkenal adalah dodol buatan dari garut yang dibungkus dengan mengunakan daun jagung.

Dari pembungkusan itu mampu menghasilkan cita rasa yang berbeda. Bahkan makanan khas Sunda digadang-gadangĀ  berasal dari kota Garut.

Demikianlah makanan tradisional adat pernikahan Sunda. Terus melestarikan makanan tradisional menjadi sumber kuliner dan pariwisata adalah peluang yang sangat bagus. Selain terus menjaga warisan leluhur juga dapat mengembangkan perekonomian negara. Menarik bukan?

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top