5 Tips Memilih Dekorasi Pernikahan Yang Wajib Kamu Perhatikan

6-1.jpg

Pernikahan adalah sesuatu yang sangat sakral dan penting dalam kehidupan seseorang. Untuk menyambut momen sakral ini, kedua mempelai akan mempersiapkan yang terbaik, termasuk dekorasi pernikahan. Memilih dekorasi pernikahan menyesuaikanya dengan konsep pernikahan yang akan digelar. Nah biar tidak salah dalam memilih, berikut tips memilih dekorasi pernikahan yang tepat:

Tips Memilih Dekorasi Pernikahan

1. Lakukan Fiksasi Tema Pernikahanmu

Tema pernikahan adalah hal terpenting yang harus kamu putuskan terlebih dahulu. Apakah pernikahanmu akan dilaksanakan indoor atau outdoor, dimana tempat pelaksanaan pesta dan kapan waktu penyelenggaraan. Pemilihan dekorasi pernikahan setidaknya akan begantung pada tiga hal tersebut.

Tema pernikahan adat memungkinkan kamu untuk menyesuaikan warna pilihan dengan warna baju adat. Misalkan pada pernikahan Sunda dan Jawa, kamu dapat memilih dekorasi dengan nuansa putih, hijau, dan cokelat. Pada pernikahan adat Sumatera, kamu dapat mengombinasikan merah dan kuning, kuning kunyit dan hijau, dan beberapa warna-warna mencolok lainnya. Perlu diingat, pilihlah kombinasi warna yang dapat memberikan kepuasan visual bagi tamu.

Selain itu, daftar undangan juga akan sangat membantu pemilihan ini. Jika secara dominan yang diundang adalah keluarga, pilihlah dekorasi yang netral. Jika sebagian besar anak muda, maksimalkan kreasimu namun tetap sopan dan sesuai norma, ya.

2. Lakukan Survei Dekorasi Langsung dan Menggunakan Media Sosial

Dekorasi dapat kamu survei secara langsung di pernikahan kerabat. Perhatikan baik-baik detil dekorasi seperti warna tenda, jenis bunga yang digunakan, dekorasi pelaminan dan tambahan, serta susunan layout pesta pernikahan. Hubungi pihak keluarga kerabatmu dan minta kontak jasa dekorasi tersebut. Tanyakan kesan dan saran mereka mengenai dekorasi yang digunakan.

Selain itu, gunakan media sosial untuk menjelajahi dekorasi kesukaanmu dan dekorator yang dapat kamu percayai. Setelah mendapat kontaknya, datangi tempatnya. Buatlah list jasa-jasa dekorasi yang telah kamu putuskan.

3. Agar Indah Maksimal, Pilih Warna dengan Ketentuan Berikut

Ada banyak kombinasi warna yang dapat kamu pilih, paling banyak kombinasikan tiga warna. Jika kamu memilih warna-warna terang, usahakan setidaknya satu warna lembut menjadi bagian dari kombinasi itu. Misalkan, kombinasi warna merah a la Minangkabau dapat kamu kombinasikan dengan warna kuning emas dan putih kecoklatan.

Jika kamu akan melaksanakan pernikahan adat, maka kamu dapat percayakan pemilihan motif pada jasa dekorasi. Biasanya motif yang tersedia akan mengandung makna yang sesuai dengan pernikahan, jadi jangan khawatir.

Saran ini akan lebih berlaku untuk kamu yang melaksanakan pernikahan modern. Sesuaikan motif yang kamu pilih dengan tema, dan jangan bertabrakan. Semisal kamu memilih polkadot, jangan sampai ada motif kotak-kotak. Sesuaikan juga warna motif dengan konsep warna yang kamu pilih.

Disarankan untuk tidak menggunakan lebih dari dua motif. Gunakan satu motif besar yang dikombinasikan dengan motif kecil. Usahakan dekorasi yang digunakan seelegan mungkin.

4. Perhatikan suasana lokasi pernikahan

Ada dua tipe lokasi penyelenggaraan pesta pernikahan, indoor dan outdoor. Dekorasi pada pernikahan indoor biasanya akan tergantung tipe venue yang akan dipilih dan vendor. Jika kamu akan melaksanakan pesta pernikahan di rumah, aturlah warna sedemikian rupa sehingga pernikahan kamu stand out namun masih elegan. Kombinasi warna cokelat dan putih champagne adalah salah satu pilihan warna yang memungkinkan.

Pada pernikahan outdoor, kamu dapat memilih tema garden party, rustic wedding, atau tema outdoor lainnya. Kenali kebutuhan masing-masing tema. Beberapa tema dapat menawarkan dekorasi low-cost dengan mengandalkan kreativitas dan barang-barang di sekitarmu, lho!

5. Pilih Dekorator yang Cocok dan Terpercaya

Setelah menyurvei dekorasi dan dekoratornya di sosial media, kamu dapat mulai menghubungi dekorator yang cocok. Paparkan padanya tema pernikahanmu, tamu, dan kebutuhan pernikahan lainnya. Jangan lupa informasi gedung atau venue yang dipilih. Dekoratormu akan mulai mengerjakan sketsa desain dekorasi tempat. Pilih sketsa favoritmu, jangan segan-segan memberikan kritik jika tidak sesuai.

Demikian tips memilih dekorasi pernikahan. Ada banyak pernikahan yang berhasil dalam menentukan warna dekorasinya. Kita dapat mengambil banyak pelajaran dari pernikahan tersebut. Selamat mengeksplorasi dan merencanakan pesta pernikahan terbaikmu!

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top