6 Hal Yang Ada Baiknya Anda Hindari Demi Rumah Tangga Harmonis

Rumah-Tangga-Harmonis.jpg

6 Hal Yang Ada Baiknya Anda Hindari Demi Rumah Tangga Harmonis,- Perbedaan dan masalah dalam bahtera rumah tangga adalah hal yang biasa. Baik itu perbedaan pendapat maupun perbedaan pilihan. Semua perbedaan itu adalah hal yang wajar dalam rumah tangga. Oleh karenanya kita harus bisa menyikapi segala perbedaan dengan penuh rasa syukur. Rasa syukur akan kelebihan pasangan dan menerima dengan ikhlas kekurangan pasangan adalah hukum mutlak yang harus diterapkan.

Kunci Rumah Tangga Harmonis

Terkadang ada masalah yang terjadi dalam rumah tangga yang menyebabkan perpecahan. Namun, ada beberapa sifat yang harus dihindari agar hal yang tidak diinginkan terjadi. Nah, apa saja yang harus dihindari agar pernikahan utuh?. Mari kita bahas hal-hal yang harus kita hindari agar pernikahan tetap terjaga.

1. Sikap Banyak Mengeluh

Mengeluh adalah salah satu sifat yang menandakan ketidak bersyukuran. Hal ini memicu adanya keluhan-keluhan yang terkadang bersifat berlebihan. Keluhan terkadang perlu untuk menciptakan suasana keterbukaan. Namun, alangkah baiknya keluhan itu disampaikan dengan cara yang baik. Sehingga mampu merubah keluhan menjadi suasana keterbukaan.

2. Banyak Mempermasalahkan Keuangan

Dalam hal keuangan terkadang memang menjadi masalah yang penting dalam keluarga. Terkadang ada yang penghasilan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan atau terkadang lebih namun masih saja merasa kurang. Tentunya sifat syukur atas rezeki yang diberikan Tuhan selalu kita tanamkan dalam diri.

Untuk itu, ada baiknya dibuat kesepakatan awal merupakan jalan terbaik untuk mengunakan uang dengan bijak. Gunakan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga sisanya bisa kita tabung untuk kebutuhan dimasa depan.

3. Berbicara Tidak Sopan

Menjaga ucapan bukan berarti banyak diam dari pada berbicara, namun lebih tepatnya berbicara sesuai porsi dan tempat. Karena terkadang kata yang keluar tanpa sadar menyakiti pasangan.

Oleh karenanya menjaga bicara adalah salah satu cara agar tidak menimbulkan permasalahan. Apalagi jika berkata kasar dan tidak sopan tentu itu akan menyakiti hati pasangan.

4. Sibuk dengan pekerjaan

Bekerja adalah ibadah bahkan muslim yang baik wajib bekerja untuk mencukupi nafkah istri dan anak-anaknya. Namun, perlu kita ingat sibuk dengan pekerjaan adalah salah satu jalan yang memicu pertengkaran.

Selain materi, keluarga juga membutuhkan kasih sayang dan perhatian baik dari ibu maupun seorang ayah. Sisihkan waktu dan jadwalkan untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga adalah cara menjaga keluarga agar tetap harmonis.

5. Sibuk Dengan Ponsel

Hal ini memang sepele terkadang saat kita memiliki sedikit waktu dengan keluarga namun rekan bisnis masih saja menghubungi kita untuk kepentingan bisnis. Ketika kita bersama dengan keluarga optimalkanlah waktu dengan mereka.

Karena pekerjaan dan kebersamaan keluarga harus dibagi dengan porsi yang ideal. Selesaikan pekerjaan sampai benar-benar selesai maka kita akan mampu memberikan suasana yang ideal dalam menikmati kebersamaan bersama.

6. Tidak Memperhatikan Penampilan

Selalu memeperhatikan penampilan adalah hal yang sering kita lakukan saat keluar rumah. Bahkan saat kita belum menikah. Namun, saat sudah menikah terkadang kita lupa harus menjaga kecantikan. Oleh karenanya selalu lah menjaga kecantikan dan penampilan di depan pasangan. Agar kehidupan keluarga senantiasa harmonis.

Nah itulah beberapa hal yang sebaiknya anda hindari jika anda ingin hubungan rumah tangga harmonis. Ingatlah, bahwa setiap masalah pasti ada penyelesaianya.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top