6 Manfaat Berkunjung Saat Lebaran Yang Dianjurkan Dalam Agama

Manfaat-Berkunjung-Saat-Lebaran.jpeg

Saling mengunjungi ketika lebaran sudah menjadi tradisi sejak dulu. Selain sebagai tradisi, ternyata mengunjungi sanak saudara merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Karena sangat dianjurkan, tentu terdapat banyak manfaat di dalamnya. Nah, apa saja manfaat berkunjung saat lebaran? Berikut ulasannya.

1. Esensi Lebaran Bisa Kita Rasakan

Salah satu tujuan dari berpuasa Ramadan adalah menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Ketika lebaran tiba, tentu kita akan semakin merasakan esensinya dengan saling berkunjung dan bermaaf-maafan.

Selain Iduladha, Idulfitri merupakan hari besar umat islam yang semestinya kita rayakan. Merayakannya dengan menjalin kembali tali silaturahmi dan saling bermaaf-maafan tentu lebih terasa faedahnya.

2. Menyambung Hubungan Yang Sempat Renggang

Salah satu indahnya momen lebaran adalah tersambungnya kembali hubungan yang sempat renggang. Mungkin selama setahun kita tidak sempat mengunjungi kerabat karena sibuk bekerja. Di momen lebaran inilah kita bisa memanfaatkannya dengan saling berkunjung.

Tidak ada salahnya berkunjung ke sanak kerabat dengan membawa buah tangan. Entah itu masakan, kue lebaran, atau buah-buahan.

3. Mempererat Hubungan Antar Saudara

Sudah selayaknya hubungan antar saudara kembali erat dengan di hari nan fitri. Mungkin sehari-hari kita disibukkan dengan urusan pekerjaan atau mengurus keluarga sehingga sulit sekali bertemu dengan saudara. Dengan berkunjung di hari raya, tentu saja saudara kita akan merasa sangat bergembira.

Hubungan yang sebelumnya sedikit renggang pun bisa kita jalin lebih erat lagi. Jika memang memungkinkan, anda bisa mengajak saudara liburan bersama untuk semakin mempererat hubungan persaudaraan anda.

4. Merasakan Berkahnya Puasa Ramadan

Berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus. Jika kita bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, maka berkah dari berpuasa selama sebulan sudah kita dapatkan. Berubahnya diri menjadi pribadi yang lebih baik ditandai dengan tulusnya hati untuk meminta maaf dan berkunjung ke orangtua, saudara, maupun kerabat.

Jika kita masih merasakan gengsi bersambang dan bersilaturahmi, bisa jadi berkahnya puasa Ramadan tidak kita dapatkan. Maka bersyukurlah jika masih diberikan niatan hati berkunjung dan bermaaf-maafan. Karena berarti berkahnya ibadah puasa sudah anda rasakan.

5. Berkunjung Merupakan Salah Satu Ibadah

Berkunjung sama dengan menjalin silaturahmi. Di islam, silaturahmi merupakan yang sangat dianjurkan.

Bahkan perintah untuk bersilaturahmi sudah ternukil pada QS. An-Nisa’ ayat 1 yang isinya: “Bertakwalah kepada Allah dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain. Dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”.

Jadi selain mendapatkan manfaat dari sesama manusia, ternyata berkunjung juga menjadi salah satu wujud dalam menjalankan perintah Allah.

6. Memperluas Pintu Rezeki

Salah satu jalan terbukanya pintu rezeki adalah dengan menjalin silaturahmi. Orang yang gemar silaturahmi biasanya memilik rezeki yang lebih mengalir dibandingkan yang senang menutup diri. Manfaatkanlah momen lebaran dengan berusaha menjalin silaturahmi.

Luasnya pintu rezeki karena silaturahmi bahkan sudah dijamin langsung oleh Rasulullah Sallahu ‘Alaihi Wassalm dalam hadistnya yang berbunyi: “Barangsiapa yang senang diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturahmi” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ternyata manfaat berkunjung saat lebaran begitu besar. Namun tetap perhatikan sopan santun agar kunjungan kita juga bisa dirasakan manfaatnya oleh si tuan rumah. Semoga bermanfaat.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top