6 Sikap Terbaik Jika Menghadapi Cobaan Dalam Rumah Tangga

Cobaan-Dalam-Rumah-Tangga4.jpg

6 Sikap Terbaik Jika Menghadapi Cobaan Dalam Rumah Tangga,- Pernikahan adalah sebuah jalan yang penuh dengan warna. Terkadang kita berada pada posisi nyaman namun terkadang semua berbalik arah. Semua adalah lika-liku yang harus kita hadapi dengan kedewasaan. Ada saatnya kita dituntut bersikap tegas dalam mengambil sikap dan ada saatnya kita tuntut untuk tenang dan lunak dalam meluruskan permasalahan.

Sikap Menghadapi Cobaan Dalam Rumah Tangga

Nah, bagaimana sih sikap yang sebaiknya kita lakukan untuk menghadapi ujian pernikahan yang datang tanpa permisi. Berikut beberapa sikap yang ada baiknya kita terapkan bila rumah tangga kita sedang diuji demi keutuhan rumah tangga.

1. Bersikap Lapang Dada

Cobaan Dalam Rumah Tangga3

Setiap pasangan pasti pernah melakukan kesalahan tidak terkecuali dengan kita. Baik masalah sepele seperti memecahkan barang maupun membeli sesuatu tanpa izin suami. Tentunya menyikapi dengan sabar dan menasehati dalam taat adalah hal yang harus dilakukan. Dengan begitu pasangan akan saling merasa nyaman dan tetap terubuka dengan kita.

2. Selalu Mengutamakan Kebiasaan Saling Percaya

Cobaan Dalam Rumah Tangga

Kesalah fahaman kadang pernah terjadi dalam kehidupan rumah tangga. Oleh karenanya dalam berumah tangga kita perlu menghidupkan kebiasaan saling percaya. Jika masalah hadir maka selesaikan masalah dan ketahui sebab masalah itu ada. Jangan langsung menyalahkan dan menilai sesuai apa yang kita lihat. Dengarkan alasan dari pasangan kita lalu perbaiki setiap kesalahan dengan kepala dingin.

3. Sikapi Dengan Bijak

Cobaan Dalam Rumah Tangga2

Terkadang dalam menyelesaikan masalah ada campur tangan pihak yang lain. Sehingga membuat kita merasa dicampuri urusan rumah tangganya. Faktanya campuran pihak ketiga tidak selamanya buruk. Terimalah saran dari mereka dengan lapang dada dan putuskan suatu perkara sesuai dengan ketetapan kalian berdua. Sehingga setiap masalah akan mampu terselesaikan dengan baik.

4. Bersikap Terbuka

Cobaan Dalam Rumah Tangga1

Ketika kita  melakukan kekeliruan atau kesalahan dalam melangkah. Jangan menutupi kesalahan dengan dengan kebohongan justru itu akan menimbulkan perpecahan. Senantiasa bersikap terbuka meskipun kebenaran itu akan menyakiti hati pasangan. Semua bisa diselesaikan dengan cara dan bahasa yang baik.

Jangan pula bersikap sebagaimana dalam tulisan ini: 6 Hal Yang Ada Baiknya Anda Hindari Demi Rumah Tangga Harmonis

5. Jangan Mengungkit Masa Lalu

Cobaan Dalam Rumah Tangga5

Setiap manusia pasti pernah memiliki masa lalu entah masa lalu yang baik maupun masa lalu yang pahit. Maka jangan pernah mengungkit kesalahan masa lalu pasangan. Karena hal itu akan menjadikan masalah lebih keruh dan rumit. Selesaikan masalah tanpa pernah mengungkit kesalahan masa lalu pasangan.

6. Saling Menjauh Namun Bukan Untuk Berpisah

Cobaan Dalam Rumah Tangga4

Ketika kemarahan ada dalam hati terkadang fikiran tidak mampu berfikir jernih. Maka pergilah sejenak untuk merenungi kesalahan diri dan introspeksi terhadap kekurangan diri. Setelah fikiran kembali jernih maka berbicaralah dengan pasangan dan carilah jalan keluar bersama dengan baik.

Demikianlah sikap terbaik jika menghadapi cobaan dalam rumah tangga. Semoga dengan selalu bersikap baik dalam menghadapi masalah mampu menjadikan rumah tangga senantiasa utuh. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top