7 Cara Mengatur Biaya Pernikahan Seminimal Mungkin

biaya-pernikahan.jpg

7 Cara Mengatur Biaya Pernikahan Seminimal Mungkin,-Menikah adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang. Karena menikah adalah sebuah simbol status baru dan sempurnanya setengah iman bagi yang beragama islam. Sayangnya, hanya karena biaya pernikahan yang tak sedikit, terkadang malah menyebabkan beberapa orang memutuskan untuk menunda pernikahan. Padahal biaya dalam pernikahan bisa diminimalisir dengan berbagai cara.

Menghitung Biaya Pernikahan

biaya pernikahan

Lalu bagaimana cara menimalkan budget pernikahan agar tidak banyak mengeluarkan uang dengan konsep yang unik dan tertata. Berikut kita bahasa hal-hal yang perlu dilakukan untuk meminimalkan budget pernikahan.

1. Buatlah Anggaran Dana untuk Membeli keperluan Resepsi Pernikahan

Sebaikanya dalam mempersiapkan resepsi pernikahan dilakukan pencatatan keperluan yang dibutuhkan. Agar dalam melakukan pengeluaran bisa disesuaikan dengan budget yang sudah ditarget sebelumnya. Dengan tercatat secara terperinci, kita jadi tahu mana saja yang harus diprioritaskan, dan mana saja yang sebaiknya tidak diadakan karena keterbatasan dana.

2. Membatasi tamu undangan

Tamu undangan akan menjadi saksi pernikahan. Oleh karenanya dalam pernikahan tamu undangan sangatlah penting. Sebagaimana kita bahas sebelumnya bahwa resepsi pernikahan tujuan awal hanya untuk mengumumkan sahnya status pernikahan. Ada baiknya tamu yang diundang disesuaikan dengan budget menikah.

Karena akan terjadi pembengkakan dalam jumlah undangan yang disebar dan konsumsi saat acara berlangsung. Undanglah keluarga, kerabat dan teman dekat saja. Dapat mengunakan undangan dengan kertas yang desain sederhana namun tetap unik. Untuk kerabat jauh bisa menggunkan undangan via online yang akan mengurangi penegluaran pemesanan kartu undangan.

3. Memilih jasa pernikahan yang se-paket

Untuk keperluan pernikahan dengan mengunakan harga paketan akan mampu menekan biaya yang seharusnya dibeli secara terpisah. Pandailah dalam memilih jasa pernikahan dengan membandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan. Karena sekarang ini banyak jasa pernikahan yang menawarkan harga juga kualitas yang mampu bersaing di pasaran.

4. Memilih tempat sendiri tanpa menyewa gedung

Jika ingin meminimalisir pengeluaran agar tidak membengkak terlalu banyak. Bisa kok melakukan resepsi pernikahan di tempat atau rumah sendiri. Jadi tak perlu repot-repot menyewa gedung atau hotel untuk melaksanakan pernikahan. Nantinya uang bisa digunakan untuk membeli keperluan pernikahan lainnya. Pesan saja seperangkat dekorasi yang bisa digunakan untuk menghias rumah.

5. Memilih makanan pedagang keliling atau penyewa tukang masak

Untuk makanan bisa disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan. Apabila kegiatan resepsi dilakukan lebih dari 2 hari lebih baik menyewa tukang masak dengan catatan kita yang membeli bahan makanan. Namun, apabila ingin lebih unik bisa membeli makanan tukang makan keliling untuk menyediakan kepada tamu undangan sesuai dengan selera.

6. Melakukan Dengan Gotong-Royong

Dalam pernikahan akan banyak dekorasi yang akan digunakan sebagai penghias tempat dan kebutuhan resepsi lainnya. Tentu kita akan membutuhkan tenaga bantuan, mintalah tolong dengan keluarga terdekat untuk membantu acara resepsi sehingga kamu mampu menghemat anggaran yang digunakan untuk membayar tenaga orang yang lebih banyak. Selagi masih bisa dilakukan dengan gotong-royong kenapa tidak?.

7. Memilih hiburan yang murah dengan agenda yang unik

Untuk hiburan bisa disesuaikan dengan sisa biaya pernikahan. Apabila anggaran cukup memadai menyesuaikan hiburan yang sesuai tak masalah. Namun, jangan di paksakan banyak hiburan yang murah namun kualitasnya gak kalah bagus dengan yang mahal. Perbanyak pencarian informasi yang berkaitan dengan harga dan kualitas.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top