7 Tujuan Menikah Menurut Islam

Tujuan-Menikah-1.jpg

Tujuan menikah seseorang memang ada beragam, tetapi dalam islam tujuan yang baik dalam menikah telah diatur. Pernikahan sendiri bukanlah suatu hal yang dapat dianggap remeh. Dalam sebuah pernikahan terdapat faqih serta tujuan pernikahan itu sendiri.

Tujuan Pernikahan

Bagi kita yang masih kebingungan soal tujuan pernikahan yang baik, Ada baiknya umat muslim perlu mengetahui tujuan nikah menurut islam. Tentunya agar tidak salah arah dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

1. Mengikuti Sunnah Rasul

Umat muslim memiliki panutan dalam melakukan kehiduan sehari-hari. Sebaik-baiknya umat muslim yaitu umat yang mengikuti apa yang di contohkan dan diajarakan oleh Rasulullah SAW.

Pernikahan adalah salah satu sunnah Rasulullah SAW. Dengan demikian, sebagai umat muslim segerelah menikah jika sudah mampu. Selain itu, menikah juga menghindarkan manusia dari perbuatan maksiat.

2. Memenuhi Tuntutan Naluri Manusia

Menyegerakan menikah bagi yang sudah mampu menikah. Hal ini tidak lain karena menikah adalah fitrah manusia serta naluri manusia itu sendiri. Naluri manusia identik dengan hawa nafsu, sehingga lebih baik dipenuhi dengan jalan yang benar yaitu dengan menikah. Jika naluri ini tidak segera dipenuhi, maka dapat dengan mudah menjerumuskan manusia menuju zina.

3. Menyempurnakan Agama

Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila seseorang hamba telah menikah maka sempurnalah separuh agamanya, maka takutlah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya”

Lebih jelasnya, salah satu cara menyempurnakan agama adalah dengan menikah. Dengan kata lain, tujuan menikah adalah menyempurnakan agama yang belum terpenuhi. Jadi dengan menikah, seorang muslim semakin kuat dalam beribadah.

4. Benteng Kokoh Akhlaq Manusia

Pernikahan merupakan hal mulia dalam islam dan jalan yang bermanfaat dalam menjaga kehormatan diri serta terhindar dari larangan-larangan Allah SWT.

Tujuan menikah dalam islam adalah untuk menudukkan pandangan serta membentengi diri dari perbuatan yang merendahkan martabat. Bahkan, dikatakan bahwa sebuah pernikahan mampu melindungi diri dari kerusakan serta kekacauan yang ada di masyakat.

5. Memperoleh Ketenangan

Menikah memiliki banyak manfaat, diantaranya perasaan tenang dan tentram setelah menikah. Naman, jangan menikah hanya karena mengedepankan nafsu saja. Hal ini tidak menumbuhkan ketenangan di dalam diri seorang yang telah menikah.

6. Mendapat Keturunan

Tujuan nikah dalam islam yang lain adalah memperoleh keturunan. Dengan harapan memperoleh keturunan yang sholeh dan sholehah. Keturunan ini nantinya akan membentuk generasi islam yang berkualitas.

Allah SWT berfirman:

“Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu riski yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?”

7. Menabung Pahala di Akhirat

Anak merupakan tabungan kedua orang tua kelak diakhirat. Anak sholeh dan sholehah memberi peluang bagi kedua orangtuanya untuk memperoleh surga di akhirat nanti. Bekal agama selam hidup di dunia, doa dari anak dapat melebarkan jembatan menuju surga untuk orangtuanya.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top