Agar Lancar, Baca Doa Mau Menikah dan Artinya

Doa-Mau-Menikah.jpg

Tak ada salahnya membaca doa mau menikah sebelum menunaikanya. Menurut agama Islam, pernikahan merupakan salah satu ibadah untuk mematuhi perintah Allah SWT. Muslim yang telah menikah dianggap memenuhi separuh agamannya.

Dalam islam menikah memiliki syariat yang dihalalkan. Selain, itu setiap umat manusia menginginkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Oleh sebab itu, sebelum menunaikanya diajurkan memanjatkan doa mau menikah.

Kumpulan Doa Mau Menikah

1. Doa Didekatkan dengan Jodoh

Jauh sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, jodoh adalah hal utama yang dipikirkan secara matang. Memiliki usia yang sudah siap untuk menikah serta pekerjaan yang mapan. Namun tanda-tanda jodoh belum juga datang. Sebagian besar seseorang dalam posisi ini pasti merasa khawatir.

Sama halnya dengan seseorang yang memiliki hubungan serius dengan orang lain, mereka juga muncul keraguan, misal “benarkah dia jodohku” atau semacamnya.

Dalam hal ini, seorang yang masih sendiri maupun memiliki tambatan hati tetap dianjurkan memanjatkan doa-doa seperti berikut ini.

a. Surah Al-Anbiya’ ayat 89

Rabbi Laa Tadzarnii Fardan Wa Anta Khairul Waaritsiin

Artinya:

“Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah sang ahli waris terbaik”

b. Surah Al-furqan ayat 74

Rabbanaa Hablanaa Min Azwaajinaa Wa Dzuriyyatinna

Artinya:

“Ya Tuhan Kami, anugerahkanlah kepada kami (pasangan serta keturunan) dari kalangan kami sebagai penenang hati”

c. Surah Al-qashash ayat 24

Rabbi Inni Limaa Anzalta Ilayya Min Khoirin Raqiirun

Artinya:

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan kebaikan yang Engkau berikan kepadaku”

2. Doa Akan Mengkhitbah atau Dikhitbah

Pernikahan bukanlah hal yang dengan mudah dapat dilakukan. Setelah menjalani ta’arruf dan sudah tidak ada lagi keraguan, maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah khitbah.  Sebelum mengajukan khitbah, alangkah baiknya kedua belah pihak memanjatkan doa berikut ini.

Allahuma Innaka Taqdiru Wa Laa Aqdiru Wa Laa A’lamu Wa Anta ‘Allaamul Ghuyuubi. Fa In Ra’Aita Lii Fii (…) Khairan Fii Diinni Wa Aakhirratii Faqdirhaa Lii

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha memberi takdir, dan bukanlah aku yang menakdirkan. Dan, Engkau Maha Mengetahui apa yang tidak aku ketahui. Engkau Maha Mengetahui hal-hal ghaib. Maka Engkau melihat kebaikan antara aku dan (…) untuk agama dan akhiratku, maka takdirkanlah aku dengan dirinya”

Catatan: (…) diisi dengan nama calon pasangan.

3. Doa Agar Direstui Orangtua

Siap menikah berarti siap pula menikahi keluarganya. Dengan kata lain, menuju jenjang pernikahan tidak lepas dari restu orangtua kedua belah pihak. Adapun doa agar direstui orangtua, seperti berikut ini.

Doa ini terdapat dalam Kitab Doa Mustajab Terlengkap yang ditulis oleh Ustadz H. Amrin Al-Kasyaf.

Allaahumma Taqabbal Taubatii Waghsiil Haubatii, Wa Ajib Da’Watii Wa Tsabbit Hujjatti Wa Saddid Lisaanii Wahdi Qalbii Waslul Sakhimata Shadrii. Allahumma Inna Naj’aluka Fii Nuhuurihim Wa Na’uudzubika Min Syuruurihim. Allahumma Anta ‘Adhudii Wa Anta Nashirii Wa Bika Uqaatil

Artinya:

“Ya Allah, terimalah taubatku, hilangkan rasa kekhawatiranku, jawablah doa-doaku, luruskanlah ucapan-ucapan benarku, arahkan hatiku kepada hidayah-Mu, dan lenyapkanlah kedengkian yang menyelubungi dadaku. Ya Allah, sungguh kami menjadikan Engkau ditengkuk mereka dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka. Ya Allah, engkau adalah Maha Menolong dan karena-Mu aku berjuang”

4. Doa Agar Pernikahan Diberkahi

Pernikahan yang indah adalah pernikahan yang diberkahi oleh Allah SWT. Memang dalam pernikahan tidak lepas dari masalah, dengan mendapat berkah dari Allah SWT pernikahan akan langgeng sampai ajal menjemput. Berikut doa agar pernikahan diberkahi.

Allaahumma Baarik Lanaa Fii Asmaa’inna Wa Abshaarinna Wa Quluubinaa Wa Azwaajinaa Wa Dzuriyaatinaa Watub  ‘Alainaa Innaka Antattawwaburrahiim

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah pendengaran, penglihatan, hati, isteri, anak, serta keturunan kami, dan terimah taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Penyayang”

Itulah doa mau menikah yang dianjurkan dalam islam. Semoga kelak pernikahan kita adalah pernikahan yang penuh dengan kebaikan.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top