Begini 11 Cara Mencegah Kulit Kering Selama Puasa

Cara-Mengatasi-Kulit-Kering.jpg

Berpuasa adalah menahan diri untuk minum dan makan, otomatis tubuh bakal kekurangan asupan cairan selama 13 jam. Alhasil kulit tubuh menjadi kering selama berpuasa. Jadi, mau tidak mau kamu harus melakukan perawatan ekstra untuk kulit tubuhmu agar selalu lembab saat berpuasa. Beruntung ada 11 cara mencegah kulit kering selama puasa yang pastinya bisa kamu praktekkan. Yuk disimak langkah lengkapnya di bawah ini.

Cara Mencegah Kulit Kering

1. Minum air putih secara cukup

Kecukupan asupan air putih sangat penting. Kamu harus minum 8 gelas setiap harinya dari setelah buka hingga menjelang sahur. Pasalnya gak cuma penting buat kesehatan tubuh saja, melainkan kesehatan kulit juga. Kulit biar lembab terhidrasi.

2. Rajin menggunakan skin care

Puasa memang membuat kita menjadi malas-malasan. Akhirnya jadi malas menggunakan skin care. Padahal skin care perlu untuk kebutuhan nutrisi kulit dari luar. Tipsnya gunakan skin care yang menghidrasi kulit seperti gel aloe vera.

3. Menggunakan pelembab wajah 2-3 kali dalam sehari

Biasanya kamu menggunakan pelembab wajah hanya 1-2 kali. Tapi saat puasa gunakan lebih sering, terutama saat setelah sholat dhuhur. Intinya jika kulit wajahmu terasa kering, segera gunakan lagi pelembab wajah. Ada baiknya pilih pelembab wajah yang mengandung SPF tinggi (minimal SPF 30).

4. Menggunakan sheet mask di siang hari

Kondisi wajah di siang hari tentu sangat kering. Maka coba gunakan sheet mask. Sheet mask merupakan masker khas korea yang mengandung nutrisi untuk wajah. Aroma sheet mask yang menenangkan bagus untuk relaksasi tubuh.

5. Menggunakan body lotion atau body cream

Body lotion dan body cream bagus untuk melembabkan kulit tubuh. Gunakan body lotion atau body cream sehabis mandi sebagai ritual cara mencegah kulit kering selama berpuasa. Pilihlah body lotion atau body cream yang sesuai dengan kebutuhan kulit tubuhmu.

6. Hindari berlama-lama di ruang ber-AC

Berlama-lama di ruangan ber-AC membuat kulitmu menjadi kering dan kusam. Kondisi kulit makin parah dengan keadaan kamu yang puasa. Jadi hindari berlama-lama di ruang ber-AC. Kalau kamu bekerja di ruang ber-AC maka harus rajin menggunakan body lotion.  Hal ini untuk menjaga kelembaban kulit tubuhmu. Atau kamu bisa sesekali membasuh wajahmu agar kulitmu segar.

7. Mengurangi makan garam dan pedas berlebihan

Menu buka puasa yang asin dan pedas memang menggoda. Tapi kamu harus tahu makanan asin dan pedas membuat cepat haus. Selain itu juga membuat kulit jadi tambah kering.

8. Perbanyak makan sayur di kala buka dan sahur

Sayur sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi dan serat di sayur membantu memperlancar proses metabolisme dan peredaran darah. Tentunya hal ini sangat baik untuk regenerasi sel kulit. Jadi kamu harus makan sayur saat buka dan sahur.

9. Makan buah tinggi kadar air

Kecukupan air di dalam tubuh dipenuhi dengan mengkonsumsi air putih dan buah tinggi kadar air. Contoh buah tinggi kadar air, seperti jeruk, semangka, dan melon. Rasa buah yang menyegarkan sangat cocok dihidangkan saat buka puasa.

10. Menggunakan vaseline

Menggunakan vaseline pada bagian kulit tubuh yang terlalu kering. Vaseline terbuat dari malam yang tinggi mineral sangat bagus untuk kesehatan kulit.

11. Menggunakan lip balm

Cara mencegah kulit kering berikutnya adalah dengan mengoleskan lip balm mencegah bibir pecah-pecah dan kering saat berpuasa. Cara ini cukup efektif, hanya saja tidak menyelesaikan akar masalahnya.

Nah itulah berbagai cara mencegah kulit kering selama berpuasa yang bisa kamu praktekkan. Semoga bisa membantu.  

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top