Biaya Pernikahan Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Hal Berikut

wedding-plan.jpg

Menikah merupakan salah satu momen paling ditunggu-tunggu dan berharga dalam hidup. Menjatuhkan hati dan pilihan kepada seseorang kita sayang, tentunya membuat hidup terasa lebih nyaman. Namun, sebelum melaksanakan pernikahan, tentunya kamu harus berpikir matang-matang. Tak hanya tentang pilihan jodoh idaman, tapi juga tentang biaya pernikahan yang harus kamu keluarkan. Banyak biaya pernikahan harus kamu ketahui selain gedung dan makanan. Apa saja biaya itu? Yuk simak biaya pernikahan yang harus kamu persiapkan!

Persiapan Biaya Pernikahan

Biaya Keperluan KUA

buku nikah (sumber : https://i0.wp.com/www.infosumbar.net//aset/arsip/2014/04/buku-nikah.jpg)

Nah ini merupakan salah satu biaya penting namun jarang disadari dapat cukup menghabiskan biaya. Ketika menikah dan mencatatkan di KUA, kamu tentunya harus mengumpulkan beberapa persayaratan, berbagai keperluan berkas seperti fotokopi dan berbagai surat-surat.

Tak hanya bagian untuk mengumpulkan persyaratan, tapi juga mengeluarkan biaya untuk melakukan pengesahan, seperti jika kamu melakukan di luar kantor dan jam kerja KUA, yaitu dengan biaya sekitar Rp600.000. Biaya ini wajib kamu cantumkan dan persiapkan dalam perincian biaya pernikahan ya!

Cincin Pernikahan / Mas Kawin

sumber : chicmags.com

Meski terlihat kecil, biaya untuk cincin pernikahan dan juga mas kawin nggaklah murah, lho. Dalam mempersiapkan biaya pernikahan, selalu pertimbangkan biaya mas kawin dan juga cincin pernikahan yang akan digunakan sebagai perlambang sah-nya pernikahan kamu. Mulai dari cincin emas hingga cincin palladium yang tentu memiliki harga lebih bersahabat bisa jadi pilihan untuk dijadikan cincin pernikahan.

Gaun, Kostum, dan Tata Rias Pengantin

sumber : Cermati

Siapa yang nggak ingin memberikan tampilan terbaiknya pada saat hari pernikahan? Untuk itu, jangan lupa untuk menyiapkan biaya pernikahan khusus untuk gaun pengantin, jas pengantin, hingga biaya jasa makeup artist untuk memastikan kalian tampil sempurna di hari pernikahan. Selain untuk kedua mempelai, kedua orangtua dan keluarga inti lain juga perlu masuk dalam penghitungan biaya pernikahan untuk aspek ini ya.

Jika kamu memiliki bridesmaid dan bestman, maka biaya pernikahanmu juga nggak boleh lupa dialokasikan untuk bagian ini.

Undangan

sumber : Cards & Pockets Design Idea Blog

Salah satu elemen pernikahan wajib kamu ingat dan tambahkan pada biaya pernikahan adalah undangan. Tentunya agar para tamu tahu mengenai acara pernikahan yang dilaksanakan, harus melalui undangan kan? Kini berbagai jenis tampilan undangan dapat kamu pilih dari bermacam-macam vendor atau percetakan. Tentunya, untuk hasil undangan lebih baik kamu harus merogoh kocek lebih dalam, mulai dari desainer hingga proses percetakan. Tapi sejumlah opsi lebih hemat seperti desain sendiri sehingga kamu dapat langsung meminta masukan ataupun mencocokan dengan produsen undangan.

Selain hasil undangan, tentunya kamu harus membagikan undangan dan menyebarkan kepada para tamu kan? Pastinya proses pengiriman membutuhkan biaya, misalnya dengan ekspedisi ataupun kurir. Biaya ini wajib kamu ketahui dan pertimbangkan dengan baik, seperti kamu antarkan sendiri untuk menghemat biaya, atau titipkan kepada satu orang dan meminta untuk disebar secara individu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top