Cara Membedakan Buku Nikah Asli dan Palsu

buku-nikah-asli-dan-palsu.jpg

Cara Membedakan Buku Nikah Asli dan Palsu – Beberapa waktu yang lalu, kita sempat digegerkan dengan keberadaan buku nikah palsu. Ya, beberapa orang dengan sengaja memalsukan buku nikah dengan berbagai tujuan yang tidak baik. Tentu saja kita sebagai masyarakatlah yang pada akhirnya dirugikan oleh semua tindakan tersebut.

Buku nikah adalah akta autentik yang dikeluarkan oleh negara sebagai bukti administrasi sahnya pernikahan. Ia sama pentingnya seperti akta autentik lainya. Bahkan buku nikah menjadi syarat terbitnya akta autentik lain seperti akta anak, KK dan lainya.

buku nikah asli dan palsu

Buku nikah juga menjadi syarat terbitnya beberapa kebutuhan keuangan seperti pengajuan kredit. Selain itu, masih ada hal-hal lain yang membutuhkan akta nikah. Karena keberadaanya yang begitu penting, maka sangat berbahaya bila akta ini dipalsukan. Termasuk pernikahan kita bisa saja dianggap tidak sah bila kita menerima buku nikah palsu.

Ciri-Ciri Buku Nikah Asli

Biar kita tidak tertipu dengan keberadaan buku nikah palsu yang bisa saja beredar, ada sejumlah ciri buku nikah asli:

  1. Perhatikan halaman sampulnya, buku nikah asli terdapat hologram berbentuk lingkaran dengan berlambang garuda pada halaman sampul.
  2. Perhatikan identitas pasangan, identitas pasangan tertutup dengan lembar transparan. Pada lembar transparan ini berhologram
  3. Perhatikan Nomor serinya. Pada buku nikah asli pasti ada nomor seri dengan sistem lubang, letak nomor seri ini ada pada bagian bawah buku.
  4. Cobalah terawang tiap halaman buku. Jika kamu terawang terlihat ada gambar garuda pada tiap-tiap halaman, maka bisa dipastikan bahwa buku nikah tersebut adalah asli

Ciri-Ciri Buku Nikah Palsu

Sementara kalau buku nikah yang kamu pegang adalah buku nikah palsu, kamu bisa kenali dari beberapa cirinya. Ada beberapa ciri buku nikah palsu yang umumnya kita bisa lihat:

  1. Bentuknya, biasanya lebih besar dibanding dengan buku nikah asli
  2. Dari segi warna, buku nikah palsu untuk umumnya berwarna lebih kecoklatan atau lebih gelap. Sementara untuk istri umumnya dipalsukan dengan warna lebih hijau gelap.
  3. Jika dibandingkan dengan yang asli, ukuran tulisan akta nikah di buku nikah cenderung lebih kecil.
  4. Tidak terdapat kertas yang memiliki hologram dari KEMENAG
  5. Beberapa buku nikah palsu, tidak ada halaman nasihat kedua mempelai.
  6. Kertas yang digunakan umumnya hanya kertas HVS biasa
  7. Warna pada lambang burung garuda di bagian cover buku nikah palsu berwarna emas yang cenderung lebih gelap
  8. Tidak ada nomor registrasi atau ada tapi lubangnya tidak rapi

Dan tanda yang paling terlihat menjadi bukti itu adalah buku nikah palsu adalah jika tiap halaman buku kita terawang, tidak terlihat gambar Garuda.

Baca Juga:

Nah itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui apakah buku nikah asli atau palsu. Semoga dengan begini tidak ada lagi oknum yang coba memalsukan buku nikah.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top