Cara Menghitung Hari Baik Pindah Rumah Biar Makin Berkah

hari-baik-pindah-rumah.jpg

Hari Baik Pindah Rumah – Cara menghitung hari baik pindah rumah dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa kaedah yang Anda percayai. Memang bila mengikuti kaidah ajaran agam Islam, semua hari adalah hari baik pindah rumah sehingga tidak ada cara perhitungan khusus. Namun bila mengikuti kaidah perhitungan menurut budaya Jawa, maka akan ada perhitungan yang harus Anda lakukan untuk menentukan kapan hari baik untuk pindah rumah.

Hari Baik Pindah Rumah

Salah satu cara melakukan perhitungan hari baik adalah dengan menghitung neptu dari weton antara Anda dan pasangan serta hari yang akan Anda berdua pilih untuk pindah rumah. Dengan mengetahui neptu masing-masing weton tersebut, maka penjumlahan kesemuanya akan dibagi dengan angka 4. Angka yang bersisa setelah dibagi 4 ini akan menentukan derajat hari baik yang akan Anda pilih.

#1. Menghitung Jumlah Neptu

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menentukan hari tersebut adalah hari yang baik atau tidak adalah dengan melakukan perhitungan neptu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Anda dan pasangan akan dihitung neptunya berdasarkan atas wetonnya masing-masing, begitu juga dengan hari yang akan Anda pilih. Untuk setiap hari dan pasaran akan memiliki nilai neptu yang berbeda-beda.
  2. Menurut perhitungan Jawa, neptu hari memiliki perhitungan sebagai berikut yaitu: Minggu=5, Senin=4, Selasa=3, Rabu=7, Kamis=8, Jum’at=6, Sabtu =9. Sedangkan untuk pasaran akan memiliki neptu perhitungan sendiri sebagai berikut: liwon=8, Legi=5, Pahing=9, Pon=7, Wage=4
  3. Setelah ketiga nilai neptu: neptu dari weton Anda, pasangan Anda dan hari yang Anda pilih, anda jumlahkan. Lalu hasil penjumlahan tersebut anda bagi dengan bilangan 4.
  4. Angka 4 ini melambangkan Guru, Ratu, Rogoh dan Sempoyong yang memiliki kedudukannya masing-masing. Bila jumlah neptu yang didapat tidak habis dibagi 4, maka angka sisa yang akan melambangkan hari tersebut baik atau tidak. Bila habis dibagi 4, maka angka sisanya jatuh di angka 4.

#2. Kedudukan Masing-Masing Angka

Berikut ini adalah kedudukan masing-masing dari bilangan angka sisa yang ada:

  • Sisa 1 jatuh pada Gutu, yang memiliki makna dihormati, digurukan, lancar rezeki, selamat dan sejahtera
  • Sisa 2 jatuh pada Ratu yang memiliki makna berwibawa, ditakuti, disegani, banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.
  • Sisa 3 jatuh pada Rogoh yang memiliki makna mudah dimasuki pencuri, boros, kurang bahagia dan banyak hal-hal yang kurang baik.
  • Sisa 4 jatuh pada Sempoyong  yang memiliki makna tidak bertahan lama atau tidak kerasan, susah dan sering bertengkar

Contoh Perhitungan Hari Baik Pindah Rumah

Untuk mempermudah pemahaman Anda, terdapat contoh perhitungan yang bisa Anda jadikan acuan cara menentukan kedudukan hari baik yang Anda pilih.

Misalkan, pasangan Bima dan Bimi hendak pindah rumah dari desa ke kota. Bima lahir dengan weton Kamis Legi dan Bimi pada Senin Kliwon. Mereka telah menentukan untuk pindah ke rumah barunya pada hari Senin Legi.

Dengan mencoba menghitung neptunya akan kita lihat apakah hari tersebut adalah hari yang memiliki kedudukan yang baik. Langkah pertama, jumlahkan neptu hari kelahiran Bima dan Bimi juga jumlah neptu hari pindahan yang dipilih tersebut, sebagai berikut:

  • Bima (Kamis Legi), Kamis= 8 dan Legi= 5 maka jumlahnya 13.
  • Bimi (Senin Kliwon), Senin=4 dan Kliwon=8 maka jumlahnya 12.
  • Hari pindah, Senin Pon, Senin=4 dan Legi=5 maka jumlahnya 9.

Langkah kedua, jumlahkan semua neptu tersebut, 13+12+9 = 34. Kemudian dibagi 4. Jumlah 36 dibagi 4 = 8 dengan mendapatkan sisa 2.

Dengan melihat daftar sisa tersebut, maka hari yang mereka pilih akan jatuh pada Ratu yang artinya berwibawa, ditakuti, disegani, banyak rejeki dan jauh dari goro-goro atau kesialan. Maka dapat disimpulkan bahwa hari pindah rumah senin pon bagi pasangan Bima dan Bimi adalah hari baik pindah rumah.

113 Replies to “Cara Menghitung Hari Baik Pindah Rumah Biar Makin Berkah”

  1. Diah berkata:

    Kalau 48Γ·4 kan hasil 12
    Terus hasil e itu gmn
    Dan ketemunya apa

    1. Litalia berkata:

      kalau tidak ada sisanya, itu dianggap jatuh diangka 4, yang berarti jatuh pada Sempoyong yang memiliki makna tidak bertahan lama atau tidak kerasan, susah dan sering bertengkar

      1. Sabat berkata:

        Selamat siang..mohon ijin saya mau tanya
        Saya msh bingung dg pembagian dan sisa
        14+9+12=35
        35:4=8,75 sisa brp ya kak…saya msh bingung

        1. Litalia berkata:

          hai kak, jangan dibagi habis kak. tapi biarkan tersisa. 35 bagi 4 itu sama dengan 8 sisa 3. logikanya 8 dikali 4 itu sama dengan 32. 32 ini ditambah sisa pembagian tadi, hasilnya 32+3 sama dengan 35. Beres kak.. hehehe

      2. Jafar sidik berkata:

        Kalaw 42:4= 10.5 jadi berapa itu sisanya

        1. Litalia berkata:

          berarti sisa 2 ya kak

      3. Devi berkata:

        Kalok jatuh nya di 29:4 itu gimana ya apa ada sisa 1

        1. Litalia berkata:

          iya kak, 4×7 sama dengan 28. 29-28 = 1.

      4. ilyas berkata:

        neptu saya senin kliwon
        neptu istri sabtu paeng
        klu mau pindah rumah cocoknya hari apa kak
        mohon bantuannya

      5. Ika berkata:

        Ka klo 15+13+12=40Γ·4=10 sisanya brp ya

        1. Litalia berkata:

          satu kak

    2. Sabrina berkata:

      48 harus dikurangi 4 Kalau habis berarti hitungan jatuh sempoyong, kayaknya gitu

    3. Hadi santoso berkata:

      Klo pasngan sudah meninggal gimana penjumlahannya

      1. Litalia berkata:

        Sepemahaman saya tidak dihitung kak, tetapi hari dimana pasangan meninggal itu dihindari.

  2. Rohimi berkata:

    Senin pon jumlah” 11 sm jum’at pahing jumlh” 15
    11+15=26
    26:4=6,2 itu jumlah yg sudah kmi tentukan trus gimana ya,,klau q pindah rumah di hari jum’at wage artiny bagus atau tidak ya?

    1. Litalia berkata:

      hai kak,
      cara pembagianya itu 26: 4 hasilnya 6 sisa 2. nah sisanya ini yang dilihat apakah bagus atau tidak. Sisa 2 jatuh pada Ratu yang memiliki makna berwibawa, ditakuti, disegani, banyak rejeki dan jauh dari goro-goro. jadi ini termasuk hari yang baik untuk pindah rumah.

      1. Prihartini aryani berkata:

        Kalau saya
        Rabu pahing 7+9 :=16
        Suami
        Jumat 6+7 =13
        Pindah
        Sabtu pon 9+7 = 16
        16+13+16 =45:4 =11,25
        Itu gmana ?

        1. Hesti berkata:

          11,5 bagi 4 lagi mbk sisa nya 2

          1. Litalia berkata:

            iya kak, bener

        2. Ayu berkata:

          Mohon maaf semuanya, jika keluarga yg mau pindah memiliki anak apakah perhitungan wetonnya hanya suami istri atau dengan anak2nya juga.
          Mohon infonya semuanya, terimakasih πŸ™πŸ™

          1. Litalia berkata:

            cukup suami istri saja kak

        3. Miiii berkata:

          4×11=44 berrti sisanya 1 ya kaa , jadi liat di nomor 1

          1. Litalia berkata:

            iya kak

      2. Ade berkata:

        Pak maaf mau tanya, istri saya rabu pahing, sy kamis kliwon, mau pindah sabtu legi. Gimana pak cara menghitungnya. Mohon bantuannya

        1. Litalia berkata:

          disesuaikan dengan keterangan di artikel di atas pak, kalau masih ada kesulitan, nanti saya bantu

    2. Risya berkata:

      Sisanya dua kak

  3. Faruk berkata:

    14+15+8=37:4=9,25…
    14+15+9=38:4=9,5
    14+15+16=45:4=11,25
    Apkh prhitungn di hari tersebut bagus kak……πŸ™

    1. Litalia berkata:

      hai kak, met sore. untuk perhitunganya itu tidak dibagi habis, melainkan biarkan ada sisanya kak. 38:4 itu sama artinya 9 sisa 2. nah yang dilihat adalah sisanya.

      1. Noer siti berkata:

        Kk aku ga ngerti dah.hitungan ya jadi kan suami ku itu lahir ya jatuh ya tanggal 6 april hari rabu wage,dan aku lahir 11 april hari jumat pon kk jadi hitungan ya.
        Suamiku 11 + 13 =24 dan aku pindah ya hari jumat tanggal 2 april pon jatuh ya itu jadi ya 6 +7=13
        11+13+13=37 di bagi 4 sisa ya 9,25 kk ini bagus ataw ga ya kk minta di jawab kk bsk ma pindah ya

  4. Arina berkata:

    Kalau s
    Selasa pon 3+7=10
    Rabu legi 7+5=12
    Pindah
    Jumat pahinh 6+9=15.
    10+12+15=37Γ·4= 9,25
    Itu gmana pak?

    1. Litalia berkata:

      hai kak, jangan dibagi habis kak. Tetapi cukup dilihat sisanya, jadi 37:4 itu sama dengan 9 sisa 1. sisa satu dalam hitungan jawa berarti: Sisa 1 jatuh pada Gutu, yang memiliki makna dihormati, digurukan, lancar rezeki, selamat dan sejahtera.

      lebih lengkapnya perhitunganya begini kak.
      Setelah ketiga nilai neptu: neptu dari weton Anda, pasangan Anda dan hari yang Anda pilih, anda jumlahkan. Lalu hasil penjumlahan tersebut anda bagi dengan bilangan 4.
      Angka 4 ini melambangkan Guru, Ratu, Rogoh dan Sempoyong yang memiliki kedudukannya masing-masing. Bila jumlah neptu yang didapat tidak habis dibagi 4, maka angka sisa yang akan melambangkan hari tersebut baik atau tidak. Bila habis dibagi 4, maka angka sisanya jatuh di angka 4.

      1. Arina berkata:

        Terimakasih ya ka

        1. Litalia berkata:

          sama-sama kak

    2. Nheyla berkata:

      Kak
      Klo istri
      Sabtu 9+Legi 5= 14
      Suami
      Sabtu 9 + Wage 4=13
      Pindah
      Mgu 5+pon 7=12
      14+13+12=39:4=9,75
      Itu gmn hasilnya kak bgus tidak mhon dibalasπŸ™πŸ™πŸ™

      1. Litalia berkata:

        jangan dibagi habis kak. 39: 4 itu dapat 9 sisa 3. logikanya, 9×4 itu sama dengan 36. 36 + 3, jadi 39. yang dilihat adalah sisanya

  5. Kabul berkata:

    Klo

    31 : 4= 7.75

    Itu gmn hasilnya ?

    1. Litalia berkata:

      hai kak, jangan dibagi habis ya kak. cukup 31:4 itu artinya dapat 7 sisa 3. nah sisanya ini yang kakak lihat dalam tabel.

      1. Suhartana berkata:

        Maaf..gemana caranya menentukan bahwa itu sisa 3 mohon penjelasannya

  6. Narto ragiel berkata:

    Saya rabu pon 14 istri jum’at pon 13 ingin pindah rumah rabu pon.
    14+13+14=41Γ·4=10.25
    Ini termasuk sisa berapa ya

    1. Litalia berkata:

      pagi kak, menghitungnya itu: 40 dibagi 4, artinya dapat 10 sisa 1. nah yang dilihat itu sisanya.

    2. Lely berkata:

      Sisa ,1

  7. Andy berkata:

    Kalo dari sisi tingkatan nya..
    Lebih bagus mana sisa 1 atau sisa 2 kak?

    Mohon dijawab… nuwun

    1. Litalia berkata:

      keduanya sama-sama baik kak

  8. Zainal berkata:

    jika yg pindah bertiga, apakah dijumlah semua kita bertiga dan hari pindahnya
    bertiga maksudnya, saya pasangan dan 1 anak??

    1. Litalia berkata:

      tidak kak, cukup dihitung suami istri saja

  9. Ari berkata:

    Kak kl
    15+17+10=42Γ·4=34,5
    Itu gimana nentuin sisa brp nya?? Mohon di jawab.terima kasih

    1. Litalia berkata:

      selamat pagi kak,
      untuk hari baik pindah rumah menrut hitungan jawa itu seperti ini kak
      15+17+10=42Γ·4 hasilnya adalah 10 sisa 2. nah sekarang tinggal lihat sisanya saja, 2 menurut hitungan jawa berarti Ratu yang memiliki makna berwibawa, ditakuti, disegani, banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.

  10. Alfan berkata:

    Ka mohon info nya.
    Klu sepert ini berapa sisanya kk.
    11+12+13=36
    36:4=9
    Berapa sisanya ya kk
    Mohon info ya kk.

    1. Litalia berkata:

      hai kak, sebenarnya dalam hitungan pindah rumah menurut jawa, kalau 36:4 itu sama dengan 9 tanpa sisa. nah tanpa sisa ini disamakan dengan 4. jadi kalau berdasarkan keterangan dalam tulisan maknanya kurang baik.

      1. Endah berkata:

        Hai kak untuk yg 36Γ·4 = 9
        Kok sisan 4 saya baca komen sebelumnya kok sisa 2 yg bener yg mana kak?

        1. Litalia berkata:

          tidak sisa berarti sisa 4 kak

  11. Riza berkata:

    Suami Senin wage 8
    Istri Kamis kliwon 16
    Rencana pindahSenin kliwon 12
    Total 36

    36 dibagi 4 sama dengan 9
    Nilai sisa ketemunya yang mana bang? Mohon bantuannya

    1. Solihin berkata:

      Kalau saya hasil nya
      16+16+15=47:4=11,75
      Jadi sisa nya barapa ya kk
      Tolong di bantu

      1. Litalia berkata:

        berarti sisa 3 ya kak.

  12. Lady berkata:

    kalau yang pindahannya seorang janda bersama 2 orang anak bagaimana hitungannya ya …tolong dijawab cepat ya urgen…πŸ™πŸ»πŸ™‚

  13. Bahrumsyah berkata:

    Klo tidak ad catatan hari lahir ( weton ).gimana cara kita menentukan hari baik untuk pindah rumah.

  14. Eliya berkata:

    10+10+10= 30:4 = 7,5 itu gimana lagi, maaf saya gak ngerti dan mau pindah minggu ini hasil perhitungan saya sisa nya 3 kah? Benar atau tidak? Mohon bantuannya. Thankyou

    1. Litalia berkata:

      ha kak
      kalau 30:4 itu artinya dapat 7 sisa 2 kak. berarti lihat arti angka 2 menurut hitungan jawa.

      1. Dwi lestari berkata:

        Kak mau tanya ini saya niatnya mau pindahan rumah kira” bagus gk ya kk maaf gag begitu paham itungan Jawa soale Kamis besok saya 14 suami 13 Kamis besok Kamis manis :13 jadi 14+13+13=40:4=10 lah trus itu gi mna kk

        1. Litalia berkata:

          karena habis dibagi 4, jadi dianggap sisa 4 kak sesuai artikel di atas

  15. Yusri berkata:

    Saya lahir sabtu pahing
    Istri lahir jumat wage
    Hari pindah 30 mei 2020 sabtu legi

    Bagaimana cara hidungnya?
    Trims KakπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    1. Litalia berkata:

      gabungan neptu kedua pasangan 18 dan 10 ya kak. totalnya 28, ditambah hari yang dipilih 14. jadi 42. lalu bagi 4. hasilnya 42: 4= 10 sisa 2. yang dilihat sisanya kak, 2 berarti Ratu yang memiliki makna berwibawa, ditakuti, disegani, banyak rejeki dan jauh dari goro-goro. Jadi bagus kak untuk pindah rumah. semoga membawa keberkahan.

      1. Agung berkata:

        Saya Senin Wage 8
        Istri Jum’at pahing 15
        Pindah Rabu legi 12
        Total 35:4=8.75
        Itu gimana kak πŸ™πŸ™

        1. Litalia berkata:

          dihitung sisanya ya kak. 35: 4 itu sama dengan 8 sisa 3 ya kak. lalu lihat sisa 3 sesuai keterangan dalam artikel

          1. adi berkata:

            8+13+16:4=9.25
            8+13+11:4=8
            itu gimana kak ?
            bagusan mana ?

          2. Litalia berkata:

            hai kak, begini kak
            8+13+16:4=9 sisa 1
            8+13+11:4=8 sisa 0 berarti dianggap sisa 4.

  16. Ema berkata:

    Kak mau tanya sy dan suami neptu nya rebo Wage dan Kamis Kliwon rencana mau pindah di 7 Agustus 2020 itunganya gimana kak

  17. Suhartana berkata:

    Saya kok belum ngerti ya, untuk menentukan bahwa itu sisa 1, 2 atau 3 darimana. mohon penjelasannya

    1. Lely berkata:

      Gampangnya angka dibelakang koma dikalikan 4 lagi.. Misal 30/4 =7.25 berarti yg dihitung untuk sisa 0.25 x 4 =1. Jadi sisa 1

      1. Litalia berkata:

        30: 4 itu sama dengan 7 sisa 2 ya kak

  18. Prihartini aryani berkata:

    Kalau saya
    Rabu pahing 7+9 :=16
    Suami
    Jumat 6+7 =13
    Pindah
    Sabtu pon 9+7 = 16
    16+13+16 =45:4 =11,25
    Itu gmana ?

    1. Litalia berkata:

      hai kak, 16+13+16 = 45:4 =11 sisa 1 kak, yang diperhatikan adalah 1 nya

  19. Umrhy rachman berkata:

    Kl sisa 0

    1. Litalia berkata:

      Dianggap sisa 4 kak

      1. Ratih berkata:

        Klo 13+13+13= 39:4
        = 9,75 jd sisa nya brp ya kak??
        Terima kasih

        1. Litalia berkata:

          Pagi kak, itu sisa tiga kak. Jangan dibagi habis ya kak.

  20. Rusmana berkata:

    Terima kasih, bisa membantu kami….

  21. rana berkata:

    Bima (Kamis Legi), Kamis= 8 dan Legi= 5 maka jumlahnya 13.
    Bimi (Senin Kliwon), Senin=4 dan Kliwon=8 maka jumlahnya 12.
    Hari pindah, Senin Pon, Senin=2 dan Pon=7 maka jumlahnya 9.
    contohnya kok agak keliru ya senin kan harusnya 4 dan pon=7 jdi hasilnya 11 bukan 9

    1. Litalia berkata:

      Baik kak, terimakash untuk koreksinya.

  22. Wiwin wijayanti berkata:

    Mau tanya kak
    Misal 14+14+16 = 44:4 = 11

    Ini gimana ya kak maksudnya ? Mohon infonya kakk

    1. Litalia berkata:

      sesuai artikel di atas, kalau habis dibagi 4 berari jatuhnya 4 kak

  23. Agus berkata:

    Hitungan hari kalo jawa itu mulai jam 12 siang ya

  24. M.yusuf berkata:

    Malam kalao hitungan 37:4 termasuk hari apa ya kak….

  25. M.yusuf berkata:

    Malam kak hitungan 37:4 itu hasilnya berpa dan jatuh hari baik apa gk ya kak maksih

  26. Ekka berkata:

    31Γ·4 = 7 sisa 3
    Artinya bs dilihat diatas

    7×4=28
    31-28=3

    1. Litalia berkata:

      Hai kak,, cerdasss…

  27. Salsabila berkata:

    17+18+13 = 48 : 4 = 12 itu sisa berapa kak

    1. Litalia berkata:

      hai kak, sisa 4 kak

  28. Yuni.s berkata:

    Berarti klo sisa
    0.25 sisa 1
    0.5 sisa 2
    0.75 sisa 3

    1. Litalia berkata:

      hai kak, bisa juga begitu. saya tambahi kak, tidak sisa berarti sisa 4.

  29. Jafar sidik berkata:

    Kalaw 42:4= 10.5 jadi berapa itu sisanya

    1. Litalia berkata:

      ini berarti sisa 2 kak

  30. yayang indri berkata:

    saya : jumat pon = 6+7= 13
    suami : sabtu legi = 9+5 = 14
    hari pindah : senin kliwon = 4+8 = 12
    total : 13+14+12= 39
    kalo ini sisa berapa ?

    1. Litalia berkata:

      sisa 3 kak

  31. Laili berkata:

    Hy kakk .
    Yg pindah kan suami aku dan anak .
    Anaknya dihitung nggak ?

    1. Litalia berkata:

      Tidak usah kak

  32. Solihin berkata:

    Kalau saya hasil nya
    16+16+15=47:4=11,75
    Jadi sisa nya barapa ya kk
    Tolong di bantu

    1. Litalia berkata:

      Jangan dibagi sampai habis pak. 47 dibagi 4 itu sama dengan 11 sisa 3. nah yang dilihat itu sisanya.

  33. Rina berkata:

    Klo Rabu kliwon 7+8= 15
    Minggu legi 5+5=10
    Jumat pahing 6+9=15

    15+10+15= 40 : 4 = 10 itu gmna hasil nya???

    1. Litalia berkata:

      karena 40 : 4 itu hasilnya 10 alias tanpa sisa, maka dianggap sisa 4 kak sesuai artikel di atas.

  34. Dewi berkata:

    Ka mau tanya klo pindah rumah sama pindah kost sama ga ya?
    Mau pindah kos
    14+15 = 29 sisa 1 jatuh hari rabu
    14 + 7 = 21 sisa 1 jatuh hari selasa kira2 yg lebih baik hari apa ya ka? Tolong dijawab, terima kasih

  35. Piana berkata:

    Kak klo pindahanya skluarga sama anak,itu apa tgl lahir anak di hitung juga kk? Mohon di jawab πŸ™
    Terimakasi

    1. Litalia berkata:

      tidak bu

  36. Jeri berkata:

    Masalahnya weton anak anak ikut dihitung apa nggak?

    1. Litalia berkata:

      tidak pak

  37. Mareta berkata:

    Ini di hitung sejak memindahkan barang atau sudah mulai tidur rumah baru kak ? Soal nya nyicil angkut” barang nya dulu

  38. Fredy berkata:

    Hai kak mau tanya
    Hasil neptu saya &istri 28
    Saya mau pindah hari minggu pahing
    28+14 =42
    42:4 = 10,5 ,
    Itu gimana hasilnya pak

    1. Litalia berkata:

      itu artinya sisa 2 kak. 42:4 = 10 sisa 2.

  39. mila berkata:

    hai kak , saya mau pindah rumah
    12+18+9 = 39 : 4 = 9.75 . trus ngitung sissa nya gimana ya kak ?

    1. Litalia berkata:

      jangan dibagi habis kak. tapi dihitung sisanya. 39:4 = 9 sisa 3. Ingat 39 itu sama dengan 9×4+3

  40. Bobby Han berkata:

    40 : 4 = 10
    Kan gda sisa tuh? Brarti itungannya 4 ya?

    1. Litalia berkata:

      iya kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top