Cara Menghitung Hari Baik Pindah Rumah Biar Makin Berkah

hari-baik-pindah-rumah.jpg

Hari Baik Pindah Rumah – Cara menghitung hari baik pindah rumah dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa kaedah yang Anda percayai. Memang bila mengikuti kaidah ajaran agam Islam, semua hari adalah hari baik pindah rumah sehingga tidak ada cara perhitungan khusus. Namun bila mengikuti kaidah perhitungan menurut budaya Jawa, maka akan ada perhitungan yang harus Anda lakukan untuk menentukan kapan hari baik untuk pindah rumah.

Hari Baik Pindah Rumah

Salah satu cara melakukan perhitungan hari baik adalah dengan menghitung neptu dari weton antara Anda dan pasangan serta hari yang akan Anda berdua pilih untuk pindah rumah. Dengan mengetahui neptu masing-masing weton tersebut, maka penjumlahan kesemuanya akan dibagi dengan angka 4. Angka yang bersisa setelah dibagi 4 ini akan menentukan derajat hari baik yang akan Anda pilih.

#1. Menghitung Jumlah Neptu

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menentukan hari tersebut adalah hari yang baik atau tidak adalah dengan melakukan perhitungan neptu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Anda dan pasangan akan dihitung neptunya berdasarkan atas wetonnya masing-masing, begitu juga dengan hari yang akan Anda pilih. Untuk setiap hari dan pasaran akan memiliki nilai neptu yang berbeda-beda.
  2. Menurut perhitungan Jawa, neptu hari memiliki perhitungan sebagai berikut yaitu: Minggu=5, Senin=4, Selasa=3, Rabu=7, Kamis=8, Jum’at=6, Sabtu =9. Sedangkan untuk pasaran akan memiliki neptu perhitungan sendiri sebagai berikut: liwon=8, Legi=5, Pahing=9, Pon=7, Wage=4
  3. Setelah ketiga nilai neptu: neptu dari weton Anda, pasangan Anda dan hari yang Anda pilih, anda jumlahkan. Lalu hasil penjumlahan tersebut anda bagi dengan bilangan 4.
  4. Angka 4 ini melambangkan Guru, Ratu, Rogoh dan Sempoyong yang memiliki kedudukannya masing-masing. Bila jumlah neptu yang didapat tidak habis dibagi 4, maka angka sisa yang akan melambangkan hari tersebut baik atau tidak. Bila habis dibagi 4, maka angka sisanya jatuh di angka 4.

#2. Kedudukan Masing-Masing Angka

Berikut ini adalah kedudukan masing-masing dari bilangan angka sisa yang ada:

  • Sisa 1 jatuh pada Gutu, yang memiliki makna dihormati, digurukan, lancar rezeki, selamat dan sejahtera
  • Sisa 2 jatuh pada Ratu yang memiliki makna berwibawa, ditakuti, disegani, banyak rejeki dan jauh dari goro-goro.
  • Sisa 3 jatuh pada Rogoh yang memiliki makna mudah dimasuki pencuri, boros, kurang bahagia dan banyak hal-hal yang kurang baik.
  • Sisa 4 jatuh pada Sempoyong  yang memiliki makna tidak bertahan lama atau tidak kerasan, susah dan sering bertengkar

Contoh Perhitungan Hari Baik Pindah Rumah

Untuk mempermudah pemahaman Anda, terdapat contoh perhitungan yang bisa Anda jadikan acuan cara menentukan kedudukan hari baik yang Anda pilih.

Misalkan, pasangan Bima dan Bimi hendak pindah rumah dari desa ke kota. Bima lahir dengan weton Kamis Legi dan Bimi pada Senin Kliwon. Mereka telah menentukan untuk pindah ke rumah barunya pada hari Senin Pon.

Dengan mencoba menghitung neptunya akan kita lihat apakah hari tersebut adalah hari yang memiliki kedudukan yang baik. Langkah pertama, jumlahkan neptu hari kelahiran Bima dan Bimi juga jumlah neptu hari pindahan yang dipilih tersebut, sebagai berikut:

  • Bima (Kamis Legi), Kamis= 8 dan Legi= 5 maka jumlahnya 13.
  • Bimi (Senin Kliwon), Senin=4 dan Kliwon=8 maka jumlahnya 12.
  • Hari pindah, Senin Pon, Senin=2 dan Pon=7 maka jumlahnya 9.

Langkah kedua, jumlahkan semua neptu tersebut, 13+12+9 = 34. Kemudian dibagi 4. Jumlah 34 dibagi 4 = 8 dengan mendapatkan sisa 2.

Dengan melihat daftar sisa tersebut, maka hari yang mereka pilih akan jatuh pada Ratu yang artinya berwibawa, ditakuti, disegani, banyak rejeki dan jauh dari goro-goro atau kesialan. Maka dapat disimpulkan bahwa hari pindah rumah senin pon bagi pasangan Bima dan Bimi adalah hari baik pindah rumah.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top