Cara Mengurus Berkas Perceraian Sendiri

berkas-perceraian.jpg

Sejujurnya saya agak berat menulis tulisan ini. Saya lulusan ilmu hukum dan saya paling tidak suka dengan yang namanya perceraian, sama seperti kebanyakan orang. Tetapi terkadang ada keadaan dimana pilihan bercerai harus diambil dan itu tak sederhana. Sebab selain menguras pikiran, emosi, waktu dan tenaga, perceraian juga rumit. Menyiapkan berkas perceraian adalah salah satunya.

Berkas Perceraian

berkas perceraian

Khususnya bagi anda yang ingin mengurus perceraian sendiri, ada sejumlah berkas yang harus anda siapkan, yaitu:

1. Berkas Yang Berhubungan Dengan Perkawinan

Berkas ini menjadi landasan dasar anda punya kewenangan untuk mengajukan perceraian. Bila anda tak punya berkas yang berhubungan dengan perkawinan, jelas anda tak perlu bercerai. Berkas ini terdiri dari:

  • Surat nikah asli;
  • Fotokopi surat nikah yang dibubuhi materai dan dilegalisasi sebanyak 2 (dua) lembar
  • Fotokopi KTP (kartu Tanda Penduduk) terbaru penggugat;
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)

Anda memerlukan syarat khusus yang terdiri dari:

  • Bila anda ingin berperkara secara prodeo atau Cuma-Cuma/gratis, maka anda butuh Surat Keterangan Kurang Mampu yang bisa anda dapat dari kelurahan.
  • Bila anda PNS, maka anda butuh surat izin cerai yang anda dapat dai atas.
  • Bila buku nikah anda hilang atau rusak, maka anda butuh duplikat akta nikah yang bisa anda dapat dari KUA.
  • Jika anda mengajukan gugatan hak asuh anak, maka anda butuh Fotokopi akta kelahiran anak dibubuhi materai
  • Bila anda sedang sakit keras atau di luar negeri, anda menggunakan jasa advokat dilengkapi dengan surat kuasa.
  • Bila anda mengajukan pula gugatan atas harta bersama, maka anda harus menyiapkan bukti-bukti kepemilikan. Misalnya sertifikat tanah, STNK/BPKB, dan surat-surat lain.

2. Membuat berkas kronologis permasalahan

Karena anda ingin mengurus perceraian sendiri, maka anda harus membuat berkas kronologis masalah. Anda dapat menuliskanya dalam kertas biasa. Isinya adalah kronologi lengkap mengapa anda ingin mengajukan perceraian. Di mulai dari sejak pertama kali anda menikah timbulnya perselisihan yang mengakibatkan anda memutuskan untuk mengajukan perceraian.

Ceritakan secara lengkap, detail dan runtut. Yang pasti sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya. Ini nanti akan anda gunakan sebagai pijakan dalam menyusun surat gugatan.

3. Membuat Surat Gugatan Perceraian

Selanjutnya anda harus membuat surat gugatan cerai. Pada dasarnya dalam surat gugatan ini nanti anda harus bercerita soal kedudukan anda, runtutan peristiwa hukum, dan terakhir gugatan yang anda ajukan. Biasanya gugatanya berisi status untuk bercerai, meminta hak asuh anak, dan hak atas harta bersama. Pada tulisan berikutnya, saya akan ajari bagaimana membuat surat gugatan perceraian.

Setelah anda menyiapkan seluruh berkas perceraian di atas, selanjutnya bawa berkas anda ke pengadilan yang berwenang. Untuk yang beragaman islam bisa mengajukan ke pengadian agama. Kalau anda tak mengajukan acara prodeo, anda akan dikenai biaya perkara 500-700 ribu.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top