Daftar Olahraga Ibu Hamil Sesuai Usia Kandungan

olahraga-ibu-hamil.jpg

Daftar Olahraga Ibu Hamil Sesuai Usia Kandungan,- Bagi kalian yang pernah merasakan kehamilan tentu akan tahu bagaimana susahnya menjaga kesehatan janin. Ketika berharap janin akan baik-baik saja tentu kondisi sang ibu juga harus baik. Nah, selain memikirkan nutrisi yang baik bagi perkembangan janin. Menjaga kesehatan fisik adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan janin.

Olahraga yang Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil mudah sekali merasa lelah. Oleh karenanya membatasi pekerjaan yang berat menjadi syarat mutlak. Selain itu untuk menjaga kebugaran tubuh ibu hamil juga bisa melakukan olahraga. Tentunya olahraga yang baik adalah olahraga yang disesuaikan dengan usia kandungan ibu hamil. Berikut jenis olahraga ibu hamil sesuai usia kandungan .

Olahraga untuk Trisemester Pertama

1. Latihan aerobik

olahraga ibu hamil

Fungsi dari latihan aerobik adalah meningkatkan pernapasan terlebih pada jantung. Latihan aerobik yang baik adalah berjalan dan berenang. Dengan melakukan olahrga renang akan mampu memberikan pelatihan pada kardiovaskular yang berada dibagian gravitasi.

Latihan ini berfungsi sebagai pelatihan sendi. Melakukan olahraga renang yang ideal biasanya dilakukan dalam waktu 20 menit dalam satu minggu. Olahraga berjalan memiliki manfaat menguatkan otot kaki. Gunakanlah sepatu saat berjalan kaki dan jangan sampai berjalan kaki dalam kondisi cuaca yang panas.

2. Latihan kagel

Latihan ini dapat memberikan manfaat mengencangkan seta memperkuat otot pinggul. Fungsi saat persalinan adalah menguatkan otot-otot pada saat melakukan persalinan. Bahkan setelah melahirkan latihan ini dapat membentuk tubuh seperti sedia kala. Em.. berniat mencoba?

3. Teknik relaksasi

Teknik relaksasi tidak terlalu menekan kepada fisik. Fokus utama dilakukan dengan menekankan fokus pada pernafasan. Fungsinya untuk memberikan ketenangan dan menghindarkan stres yang berlebih.

Olahraga untuk Trisemester Kedua

1. Latihan Beban

Untuk menghindarkan ibu hamil dari rasa sakit dan pusing dapat dilakukan latihan beban. Bahkan latihan itu dapat  menghindarkan ibu hamil dari cedera perut. Latihan ini sangat baik dilakukan pada usia kehamilan ke 4 dan 6 bulan.

2. Joging, Berjalan, dan Berenang

Pada bulan ke empat tentu kita akan merasakan keseimbangan tubuh yang mulai terganggu. Oleh karenanya kita perlu melakukan  olahraga Joging, Berjalan dan Berenang dengan perlahan dan penuh hati-hati.

3. Yoga dan Relaksasi

Olahraga ini harus tetap dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan pernafasan. Alangkah lebih baiknya kita mengikuti pelatihan relaksasi yoga untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Olahraga untuk Trisemester Ketiga

Pada masa Trisemester ketiga alangkah baiknya jangan memperbanyak aktivitas olahraga. Jika kita masih merasa nyaman dengan olahraga alangkah baik nya melakukan aktivitas seringan mungkin. Jangan pernah lupa untuk membawa air saat perjalanan guna menghindarkan dehidrasi. Jangan pernah berjalan sendirian pastikan ada yang menemani perjalanan kita.

Itulah daftar olahraga ibu hamil sesuai dengan usia kandungan. Meski hamil, kamu tak perlu malas berolahraga ya. Olahraga juga akan mempermudah persalinan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top