Hari Baik Untuk Pindah Rumah Menurut Weton Dan Primbon Jawa

Hari-Baik-Untuk-Pindah-Rumah.jpg

Hari baik untuk pindah rumah menurut weton kelahiran dan primbon Jawa perlu diperhitungkan. Hal ini dimaksudkan agar ketika rumah tersebut dihuni, seluruh penghuni rumah tersebut tidak akan mendapatkan hal yang kurang baik. Serta akan memberikan rasa nyaman dan rumah tangga yang akan dibina menjadi lebih harmonis.

Tidak sedikit memang masyarakat Jawa yang masih memegang perhitungan weton untuk mencari hari baik. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ikhtiar kepada Yang Maha Mencipta, dengan melakukan perhitungan yang matang akan menunjukan keberhati-hatian. Dengan demikian akan menghindarkan seseorang dari sikap semberono.

Contoh Perhitungan Hari Baik Untuk Pindah Rumah

Hari Baik Untuk Pindah Rumah 1

Perhitungan yang digunakan untuk menentukan hari baik pindah rumah adalah dengan menggunakan menggunakan rumus pembagi 4 (Guru, Ratu, Rogoh dan Sempoyongan). Untuk menghitungnya maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu neptu hari dan pasaran tanggal lahir Anda dan pasangan, berserta rencana hari Anda ingin pindah ke rumah. 

Berikut ini adalah tabel neptu dari hari dan pasaran Jawa, sebagai berikut:

Nama Hari Neptu Nama Pasaran Neptu
Senin 4 Pahing 9
Selasa 3 Pon 7
Rabu 7 Wage 4
Kamis 8 Kliwon 8
Jumat 6 Legi 5
Sabtu 9    
Minggu 5    

Dengan mengetahui neptu dari hari dan pasaran, maka bisa dihitung jumlah neptu masing-masing tanggal kelahiran Anda dan pasangan dan rencana tanggal kepindahan Anda. Misalkan weton Anda Sabtu Pon, maka jumlah neptu Anda adalah Sabtu = 9, Pon = 7, atau jumlahnya adalah 16.

Misalkan pasangan weton pasangan Anda adalah Minggu Wage, maka jumlah neptunya adalah Minggu = 5, Wage = 4, jumlahnya adalah 9. Dan misalkan Anda telah merencanakan akan memasuki rumah pada hari Sabtu Pahing. Maka jumah neptunya adalah Sabtu = 9, Pahing = 9, sehingga total neptunya menjadi 18.

Setelah mengetahui semua angka neptu berdasarkan wetonnya, maka selanjutnya Anda menjumlahkan semua neptu tersebut. Jumlah yang didapat lalu dibagi 4 dan dicari kelebihan atau sisanya. Bila habis di bagi 4, maka kelebihannya dianggap 4. Bilangan pembagi dengan menggunakan angka 4 tersebut adalah bilangan pembagi dari Guru, Ratu, Rogoh dan Sempoyong.

Berikut ini adalah  tabel rumusan yang akan digunakan.

KelebihanJatuh Pada Artinya
1 Guru Lancar rejeki, dihormati, selamat, sejahtera,
2 Ratu Banyak rejeki, jauh dari gara-gara, berwibawa, ditakuti, disegani
3 Rogoh Mudah untuk dimasuki pencuri, kurang harmonis dan tidak bahagia
4 Sempoyong Tidak betah di rumah, banyak kesusahan dan sering bertengkar.

Artinya adalah:

  • Kelebihan 1 akan jatuh pada Guru
  • Kelebihan 2 akan jatuh pada Rat
  • Kelebihan 3 akan jatuh pada Rogoh
  • Kelebihan 4 akan jatuh pada Sempoyong

Dari contoh di atas maka jumlah seluruh neptu adalah sebesar 16 + 9 + 18 atau totalnya adalah 43. Angka 43 bila dibagi 4, maka akan menyisakan angka 3. Yang bila diartikan kelebihan 3 akan jatuh pada Rogoh.

Bila dilihat dari tabel, maka bila pindah rumah pada tanggal tersebut akan menyebabkan rumah Anda akan mudah untuk dimasuki pencuri, kurang harmonis dan tidak bahagia. Sehingga dengan mengetahui hal tersebut ada baiknya Anda mengganti hari kepindahan Anda.

Menentukan Bulan Baik Untuk Kepindahan Rumah

Setiap bulan dipercaya memiliki kedudukannya tersendiri, sehingga bisa digunakan sebagai penentu baik atau tidaknya untuk melakukan sesuatu. Seperti memasuki rumah baru untuk pertama kalinya. Ada baiknya Anda memperhatikan daftar bulan berikut ini.

  1. Bulan Sura = tidak baik
  2. Bulan Sapar = tidak baik
  3. Bulan Mulud = tidak baik
  4. Bulan Bakdamulud = baik
  5. Bulan Jumadilawal = tidak baik
  6. Bulan Jumadilakir = kurang baik
  7. Bulan Rejeb = tidak baik
  8. Bulan Ruwah = baik
  9. Bulan Pasa = tidak baik
  10. Bulan Sawal = sangat tidak baik
  11. Bulan Dulkaidah = cukup baik
  12. Bulan Besar = sangat baik

Dengan memperhatikan tingkatan bulan, maka ada baiknya Anda pindah rumah di bulan Besar, Bakdamulud, Ruwah, dan Dulkaidah. Semoga dengan memeperhatikan beberapa pertimbangan dari perhitungan weton ini akan memberikan Anda sedikit wawasan mengenai kapan hari baik untuk pindah rumah menurut weton kelahiran dan primbon jawa.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top