Ingat, Inilah Bulan Baik Untuk Menikah Menurut Islam

bulan-baik-untuk-menikah.jpg

Ingat, Inilah Bulan Baik Untuk Menikah Menurut Islam – Semua hari adalah baik, dan semua bulan adalah berkah. Baik buruk sesuatu memang tergantung dari bagaimana cara kita memperlakukanya, termasuk juga soal kapan waktu dan bulan baik untuk menikah. Kapan saja kita bisa melangsungkanya. Yang terpenting bagaimana kita menjalani keberkahan setelah menikah.

berkas nikah di catatan sipil

Tapi percaya atau tidak, pasti ada saat dimana banyak tetangga dan teman-teman dekat kamu melangsungkan acara pernikahan. Sampai-sampai kamu mengatakan: ini musim nikah ya, kok banyak banget yang melangsungkanya. Memang yang namanya acara pernikahan tak akan pernah lepas dari nilai-nilai kepercayaan dan budaya.

Termasuk juga dalam menetapkan hari dan bulan baik untuk menikah. Kita yang memegang teguh kebudayaan Jawa, akan menggunakan perhitungan jawa sebagai patokan kapan akan melangsungkan pernikahan. Sementara kita yang berpegang teguh pada islam, juga demikian.

Hari dan Bulan Baik Untuk Menikah Menurut Islam

Kapan hari baik untuk menikah menurut Islam? Tidak ada jawaban yang pasti dan sama. Tetapi jika kita merujuk pada salah satu kitab Quratul ‘uyun karya Asy-Syekh Al-Iman Abu Muhammad, kita akan menemukan jawabanya.

1. Pada Bulan Syawal Atau Ramadhan

Dalam kitab Quratul ‘uyun karya Asy-Syekh Al-Iman Abu Muhammad yang membahas tuntas seputar pernikahan dan malam pertama itu dijelaskan bahwa pernikahan yang baik itu dilakukan pada bulan Syawal dan disunnahkan pada bulan Ramadhan.

Hal ini sesuai dengan apa yang ditegaskan oleh Istri Rosulullah, Sayyidah Aisyah R.A dalam sebuah hadits yang menjelaskan bahwa Rasulloh telah menikahi Aisyah pada bulan Syawal dan menyelenggarakan malam pertama juga dibulan yang sama.

2. Pada Hari Rabu

Selain dalam kitab tersebut, kita juga bisa mendapatkan penjelasan soal kapan waktu pernikahan yang baik menurut Islam dalam kitab Jamius Shaghir karya Imam Jalaluddin As-Suyuthi. Kitab ini adalah kitab hadits yang sangat lengkap.

Dalam kitab ini, dijelaskan bahwa hari pernikahan yang baik hendaknya dilaksanakan pada hari Rabu atau pada pada tanggal 3, 5, 13, 16, 21, 24 dan 25 pada setiap bulan hijriah.

Hari Yang Sebaiknya Dihindari Untuk Menikah

bulan baik untuk menikah

Tidak ada penjelasan lengkap mengenai kapan hari yang sebaiknya dihindari dalam islam untuk melangsungkan pernikahan. Tetapi bila kita merujuk pada adat jawa, ada beberapa hari yang sebaiknya dihindari untuk melangsungkan pernikahan

  • Tanggal 6, 11 dan 18 Bulan Syura
  • Tanggal 1, 10 dan 20 Bulan Sapar
  • Tanggal 1, 8, 10, 15 dan 20 Bulan Mulud
  • Tanggal 10, 12, 20 dan 28 Bulan Ba’damulut
  • Tanggal 1, 10, 11 dan 28 Bulan Jumadilawal
  • Tanggal 10, 14 dan 18 Bulan Jumadilakhir
  • Tanggal 2, 13, 14, 18 dan 27 Bulan Rajab
  • Tanggal 4, 12, 13, 26 dan 28 Bulan Ruwah
  • Tanggal 7, 9, 20 dan 24 Bulan Puasa
  • Tanggal 2, 10 dan 20 Bulan Syawal
  • Tanggal 2, 9, 13, 22 dan 28 Bulan Dzulhijah
  • Tanggal 6, 10, 12 dan 20 Bulan Besar

Meski ada beberapa hari yang sebaiknya dihindari, bukan berarti kita tidak boleh melangsungkan pernikahan pada hari itu. Hanya kalau ada pilihan lain, sebaiknya tidak. Tetapi kalau ingin tetap menyelenggarakan pada hari itu, juga tidak masalah. Sebab pada dasarnya semua hari bulan baik untuk menikah.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

48 Replies to “Ingat, Inilah Bulan Baik Untuk Menikah Menurut Islam”

  1. Barrie Atmadja berkata:

    Dalam tulisan lain yg menguraikan tentang pelaksanaan untuk menikah brdsrkan kitab Jamiur Shaghir /Quratul ‘Uyun dsbtkn bhw hari Rabu & tgl 3, 5, 13, 16, 21, 24, dan 25 setiap bln Hijriah adlh hari & tnggl yg hrs dihindari utk melangsungkan pernikahan. Mana yg bener nih

    1. Litalia berkata:

      Coba dikoreksi dulu sumbernya..

      1. Umam berkata:

        Apakah benar bulan safar tidak baik untuk menikah?

  2. eva arnas berkata:

    Ass. Saya mau melangsungkan nikah insyaallah feb. Nah yang bagus hari dan tanggal nya tanggal berapa yah

    1. Litalia berkata:

      Selamat mbak. Kalau berdasarkan tanggal jawa, mohon infokan pasaran kedua pasangan ya mbak. Biar coba saya hitung. Kalau tanggal cantik, mungkin bisa ditanggal 12-2-19. Atau mbak bisa buka: https://maumenikah.com/begini-kalimat-ijab-qobul-dari-penghulu/

  3. Gunawan berkata:

    Anak saya akan menikah bln juni atau agustus 2019. yang laki kahir tgl 7 september 1981, yg perempuan tgl 21 desember 1988.
    Kira2 tanggal berapa yg baik unt menikah?
    Terima kasih atas bantuannya

    1. Litalia berkata:

      Tulisan di atas bisa jadi panduan untuk bulan baik menurut islam, sedang bulan baik berdasarkan weton jawa silakan lihat di https://maumenikah.com/cara-menghitung-hari-pernikahan-berdasarkan-weton/. dan untuk tanggal cantik pernikahan tahun 2019, silakan lihat di https://maumenikah.com/kumpulan-tanggal-cantik-untuk-menikah-di-tahun-2019/

      Bagaimana kak?

  4. Prisetya berkata:

    Sy lahir di hari minggu wage..pasangan sy rabu legi ..sy akan menikah di bulan desember ini tgl 28 desember 2018 hari jumat pahing..apkh itu baek bwt sy?

    1. Litalia berkata:

      Saya sebatas hanya bisa menghitungkan berdasarkan ketentuan weton jawa. Jumlah neptu kedua pasangan 29. hari baik ada di neptu 9 atau 14. Silakan lihat tabel 1 untuk neptu tersebut. sedang untuk bulanya, silakan lihat tabel 3.

  5. zaenudin berkata:

    Assalamuallaiku,
    Mau tanya, saya akan melangsungkan pernikahan pada tgl 12 Desember 2018, apakah baik atau harus maju atau mundur tgl nya?
    Tgl lahir saya 1 Desember 2018
    Pasangan saya 11 November 2018.
    mohon infonya bpk.

    Trimakasih.

    1. zaenudin berkata:

      Maaf tgl lahir nya salah.
      Tanggal lahir saya Tgl 1 Desember 1985
      Pasangan saya 11 November 1980

    2. Litalia berkata:

      Bolehkan diinfokan kepada saya pasaran masing-masing calon?

  6. Ica berkata:

    Mba saya berancana akan melangsungkan pernikahan di bulan 3 tahun 2019. Saya berkeinginan menikah ditgl 2-3-2019 / 3-3-2019. Tgl yg mana yg bagus diantara kedua itu menurut mba?

    1. Litalia berkata:

      keduanya sama-sama baik mbak, menurut kacamata islam. tetapi kalau yang ditanya menurut kacamata adat, mungkin harus dilihat dulu adat kak ica.

      1. Ayu berkata:

        Mbak saya ada rencama mau menikah di tanggal 6/7/2019
        Menurut kacamata islam gimana mbak ?

        1. Litalia berkata:

          Baik kak, islam pada dasarnya menganggap semua hari adalah baik.

  7. Naru berkata:

    Hi,
    Aku mw rencana nikah thn 2019.
    Kira” bulan yg baik apa ya?
    Calon suamiku lahir tgl 22 Juni 1986, lahir di hari Minggu Kliwon. Dan aku lahir tgl 30 September 1986, lahir di hari Selasa Kliwon.
    Mohon sarannya ya kak..
    Trimakasih 🙂

    1. Litalia berkata:

      mau dihitungkan berdasarkan tradisi jawa apa islam mbak naru?

      1. Naru berkata:

        Tradisi jawa ya sis.. 🙂

  8. tri hastuti berkata:

    saya berencana menikah tgl 25 januari 2019 apakah tgl itu baik? mohon pencerahanya
    tgl lahir saya 23 mei 1985
    tgl lahir pasangan saya 18 september 1983

    1. Litalia berkata:

      bisa saya tau pasaran masing-masing pasangan mbak?

  9. Susan berkata:

    Kak.. Pernh dgr gak yg nama nya bulan apit? Itu gimana yah Kak hukum dalam Islam? Apa benar tidak boleh menikah di Bulan Apit itu? Dan bulan Apit itu klo d thn 2019 ni dmulai tgl dan bulan brp yah kaq?

    1. Litalia berkata:

      pada dasarnya dalam islam semua bulan itu baik, hanya kalau berdasarkan tradisi jawa ada beberapa bulan yang tidak disarankan untuk menikah. nah untuk bulan apit sendiri kapan jatuhnya, mbak susan bisa lihat dikalender. Apit dalam kalender hijriyah sama dengan Dzulkaidah

  10. Yuni purnama berkata:

    Assalamualikum mba mau tanya saya rencana nikah tanggal 12 desember 2018 , sedangkan saya lahir 20 oktober 2001 sedangkan calonnya lahir 20 novemberr 2017 kira kira tgl 12 nanti baik ga ya ??

    1. Litalia berkata:

      apa kak yuni tahu pasaran masing-masing calon? kalau tahu mohon diinfokan dulu.

  11. Riri andriyani berkata:

    Assalammualaikum
    Saya Riri andriyani lahir 15 april
    Dan pasangan saya 7 agustus
    Insya allah kami akan menikah di tahun 2019
    Bulan dan tanggal yg baik untuk kami di brp ya?
    Terima kasih.

    1. Litalia berkata:

      Untuk bulan baik, tulisan dalam artikel ini saya rasa bisa menjawab pertanyaan mbak. tetapi kalau untuk bulan yang kurang dianjurkan untuk menikah, berikut tulisan yang bisa mbak baca: https://maumenikah.com/waktu-yang-kurang-baik-untuk-menikah-dalam-jawa-dan-islam/

  12. rahma berkata:

    Halo kak saya mau tau dong soal rencana saya nikah tanggal 30 Juni 2019. Saya lahir tanggal 20 September 1992 (pahing). Pasangan tanggal 27 September 1992 (wage). Kira kira bagaimana perhitungan tanggal dan bulan baik nya ya? Tolong dijawab ya saya tunggu makasih.

    1. rahma berkata:

      Ohya kak menurut islam dan Jawa bagaimana ya kak hehe makasih

    2. Litalia berkata:

      karena menurut islam dan jawa, coba mbak baca ini dulu: https://maumenikah.com/waktu-yang-kurang-baik-untuk-menikah-dalam-jawa-dan-islam/.
      kalau sekiranya itu belum membantu, silakan chat saya lagi di kolom komentar. saya akan hitungkan.

      1. rahma berkata:

        Kak tolong di hitungkan aja ya kak? Saya tunggu jawabannya kak makasih banyaaakk….

      2. rahma berkata:

        Halo kak saya mau tau dong soal rencana saya nikah tanggal 30 Juni 2019. Saya lahir tanggal 20 September 1992 (pahing). Pasangan tanggal 27 September 1992 (wage). Kira kira bagaimana perhitungan tanggal dan bulan baik nya ya? Tolong dijawab ya saya tunggu makasih.

        1. Litalia berkata:

          Oh ya kak, untuk harinya itu jatuh pada hari apa ya? biar saya hitungkan. Terimakasih

          1. rahma berkata:

            Kalau lahir saya dan pasangan hari Minggu.
            Dan rencana nikah tanggal 30 Juni 2019 itu hari Minggu.
            Bagaimana ya? Tolong di hitungkan. Pertanyaan saya belum terjawab yang sebelumnya. Saya tunggu makasih.

          2. Litalia berkata:

            pasaran kedua calon kalau boleh tahu apa ya mbak? terimakasih

  13. mila berkata:

    Mba saya berancana akan melangsungkan pernikahan di bulan 3 tahun 2019 ..
    kira2 tgl brpa baik nya yaa mbak menurut islam …..

    1. Litalia berkata:

      menurut islam semua hari baik, hanya ada beberapa kitab yang memberi penjelasn soal ada baiknya beberapa hari dihindari. Itu juga bukan berarti tidak baik. berikut hari-harinya: https://maumenikah.com/waktu-yang-kurang-baik-untuk-menikah-dalam-jawa-dan-islam/

  14. Rina berkata:

    Mohon informasinya mbak untuk tanggal dan bulan 2019 yang baik menurut pandangan ” Islam ” untuk dilangsungkannya pernikahan .
    saya lahir tanggal 18 September 1994 dan pasangan saya lahir tanggal 3 Februari 1994 .

  15. Masamah berkata:

    Kak mau tanya kira kira nikah dibulan 4 bulan rumah gpp ta .. Terimakasih

  16. Masamah berkata:

    Kak mau tanya saya ada rencana menikah di bulan 4 tahun 2019, tapi bulan 4 katanya bulan ruwah, itu gpp ta.

  17. Rosita berkata:

    Kalo saya berniat menikah setelah bulan suro ,bagusnya menurut islam bulan dan tgl berapa ya? Saya kelahiran 17 november 1996 dan pasangan saya 06 november 1995 .terima kasih

  18. Adhi berkata:

    Saya mau nikah habis lebaran haji 2019 bagusan tgl brp yah?saya lahir 9 Desember 1992 calon istri 1 Januari 1998 ,mohon bantuan yah..makasih

    1. Litalia berkata:

      Selamat ya untuk niat baiknya, semoga diberi kelancaran. Pada dasarnya semua hari dalam islam adalah baik. hanya ada beberapa yang disarankan. Ulasan lengkapnya sudah saya jelaskan pada tulisan di atas. kalau mau tanggal cantik untuk menikah sehabis lebaran haji, berikut link yang bisa dikunjungi: https://maumenikah.com/kumpulan-tanggal-cantik-untuk-menikah-di-tahun-2019/

  19. vira berkata:

    mb tgl lahir sy 8 desember 94 , calon suami 12 maret 91 , rencana nikah dibulan juni 2019 tanggal 9. Baik / tidak yah? atau ad hari baik lainny? terimakasih.

    1. Litalia berkata:

      Sebelum saya hitung, boleh saya tahu pasaran kedua mempelai kak?

  20. Azolla berkata:

    Mau tanya, di bulan syawal ( di bln juni tahun 2019 ) nanti yg di pake orang2 gelar hajatan pernikahan jatuh pada hari apa, & tgl berapa saja?

  21. Nurjanah berkata:

    Asslamualaikum, mb sy mau tnya
    Sya lhir pd tnggl 1 januari 1993 dn psangn sya 29 desember 1987 kami lahir pda hri jumat , kami brencna mnikah pd thun 2019 , kira” tnggal dn bulan yg baik buat kami mnikah brpa ya ? Mhon jwaban nya 🙏

    1. Litalia berkata:

      kalau menurut islam pada dasarnya semua hari, bulan dan tahun baik kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top