Ingin Keluarga Islami Harmonis?, Begini Tipsnya

11-Tips-Persiapan-Pernikahan-Islami-yang-Sederhana-Namun-Tetap-Berkesan.jpg

Pernikahan adalah perjalanan yang panjang, sebab boleh jadi kita akan menghabiskan waktu hingga sisa usia bersama pasangan kita. Dalam perjalanan yang panjang itu tentu suatu yang lumrah muncul rasa bosan, jenuh, kesal, muak dan rasa tidak enak lainnya. Tidak menutup kemungkinannya cinta yang dulu membara mulai padam. Kasih sayang yang dulu bercahaya mulai sirna. Rasa yang dulu pernah anda sekarang entah kemana.

Untuk itu dibutuhkan seni dalam membangun hubungan dalam rumah tangga. Agar cintanya semakin membara, kasih sayang semakin bersinar dan rasa yang dulu indah tetap ada, saat ini hingga akhir usia. Hingga Allah pisahkan nantinya. Pasangan-pasangan ini membutuhkan selalu ada romantisme antara mereka berdua. Tetap romantis hingga akhir usianya, mesti ada kesadaran dari masing-masing pasangan untuk menghadirkan momentum romantis antara suami dan istri.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadirkan momentum romantis dengan pasangan.

KATAKAN CINTA, TERIMAKASIH DAN MAAF PADA PASANGAN ANDA

Bagi anda yang pernah melakukan aktivitas pacaran mungkin katakan cinta adalah suatu yang istimewa. Bagi wanita mungkin masih terasa betapa deg-degannya ketika pasangan anda menyampaikan dua kata sakti “Aku mencintaimu”. Bagi laki-laki mungkin merasakan bagaimana jantung berdegup kencang ketika mengucapkan dua kata “Aku mencintaimu.

Namun sayangnya, setelah pernikahan dilansungkan dan kehidupan pernikahan berjalan anda seolah-olah lupa dengan dua kata sakti tersebut. Kata-kata cinta seolah sudah terhapus dari memori anda, atau mungkin dua kata ini sudah sangat mahal sekali sehingga jarang terucap. Padahal sebaiknya setelah menikahlah anda menyampaikan dua kata ini pada pasangan.

Untuk menghadirkan momentum romantis dengan pasangan anda perlu mengatakan dua kata ini pada pasangan anda. Sampaikan padanya dengan penuh ketulusan dan keikhlasan kalau anda sangat mencintainya. Ucapkan terimakasih padanya telah bersedia menemani anda selama ini, dan minta maaf jikalau anda belum sempurna memberikan kebahagiaan padanya, kalau anda masih banyak salah padanya, kalau anda sering mengecewakannya. Pilihlah momen yang tepat semisal saat berduaan ketika makan malam, ada saat berduaan di tempat tidur menjelang tidur.

Cinta pada pasangan ini butuh penyegaran, perlu terus diperbaharui dan salah satu cara menyegarkannya adalah dengan mengatakan kata cinta.

Image result for penikahan islam

sumber : brillio

MEMBERIKAN TANDA CINTA

Kata cinta memang mengesankan, tetapi itu saja tentu tidak cukup butuh tanda cinta untuk diberikan pada pasangan. Tanda cinta yang membuat dia terkesan, membuat dia selalu terkenang dan sulit untuk dilupakan. Tanda cinta tentu tidak melulu bunga, coklat atau semangkuk bakso. Dan juga tanda cinta tidak hanya tentang sesuatu yang mahal dan bernilai tinggi. Sebab sejatinya tanda cinta bukan tentang apa yang diberikan, tetapi tentang siapa dan bagaimana memberikannya.

Tanda cinta bisa melalui perhatian, membantu pasangan menyelesaikan pekerjaannya, memberikan oleh-oleh untuk pasangan ketika berpergian atau hal-hal lainnya.

MANDI BERSAMA PASANGAN

Pernah mandi bersama dengan pasangan ? Rasulullah Saw mencontohkan aktivitas ini kepada kita. Dari Aisyah ra.a. berkata, “Aku pernah mandi bersama Rasulullah menggunakan satu bejana. Bejana ini berada di antara kami. Tangan kami saling berebut masuk ke dalam bejana.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Selain melakukan hal ini termasuk pada menjalankan sunnah Nabi Saw. Ternyata mandi bersama pasangan memberikan banyak manfaat. Para ahli kesehatan menyatakan mandi bersama suami dan istri mampu menyembuhkan banyak penyakit. Hal ini karena otak terhubung dengan sentuhan fisik dari orang yang anda cintai, secara otomatis otak mengirimkan sinyal dan memberitahukan saraf untuk tenang. Dengan demikian rasa sakit bisa reda dengan cepat. Ada banyak manfaat dari mandi bersama dengan pasangan di antaranya adalah

Saling mengenali tubuh pasangan secara lebih lengkap
Rileks untuk meredakan ketegangan pikiran
Bisa merawat tubuh pasangan
Menumbuhkan sikap saling mengerti
Menyehatkan jantung
Meredakan konflik ringan
Menumbuhkan kesejiwaan

Image result for penikahan islam
BERIBADAH BERSAMA

Momentum romantis juga bisa dilakukan dengan menjalankan ibadah bersama. Seperti shalat berjamaah bersama pasangan di rumah, melaksanakan shalat qiyamul lail bersama, melaksanakan puasa sunnah bersama, menunaikan ibadah haji dan umrah bersama dan ibadah-ibadah lainnya. Tentu momentum romatis seperti ini memberikan banyak manfaat bagi keluarga selain merekatkan hubungan suami istri akan mendapat pahala dari Allah Swt dan juga aktivitas keteladanan yang akan dicontoh oleh anak-anak anda.

Nah semoga tips diatas juga menjai inspirasi Anda dalam mendapatkan keberkahan cinta ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top