Inilah Daftar Amalan Sunah Sebelum Nikah Paling Dianjurkan

amalan-sunah-sebelum-nikah.jpg

Amalan sunah sebelum nikah bisa menjadi hal baik yang bisa kamu lakukan. Seperti kita tahu, pernikahan merupakan momen sakral yang memerlukan persiapan matang. Islam pun mengajarkan berbagai amalan sunah untuk para calon pengantin. Dengan melakukan amalan-amalan sunah ini, semoga kamu bisa mendapatkan perasaaan yang tenang hingga akad nikah.

Amalan Sunah Sebelum Nikah

Amalan-amalan sunah ini ada banyak macamnya. Mulai dari berpuasa, berdoa, sholat, dan masih banyak lagi. Selain mengharapkan ketenangan, melakukan amalan-amalan sunah sebelum pernikahan juga wujud ikhtiar mengharapkan keberkahan, serta kelancaran acara. Dirangkum dalam berbagai sumber, berikut beberapa sunahnya.

1. Shalat Hajat

amalan sunah sebelum nikah

Menggelar pernikahan sama saja dengan memiliki hajat. Sunahnya sebelum menggelar hajat, calon pengantin melakukan sholat hajat. Tujuan dari sholat hajat ini selain sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah, juga meminta perlindungan dunia akhirat.

Shalat hajat juga menjadi salah satu ikhtiar agar keinginan dan keperluan yang melakukannya terkabul. Termaktub dalam Hadist Riwayat Ahmad yang menjadi landasan ajaran shalat hajat:

Barang siapa yang berwudu dan menyempurnakan wudunya, setelah itu salat dua rakaat dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang dimintanya cepat atau lambat” (HR. Ahmad)

Syaikh Nawawi Al Batani Rahimahullah mengajarkan bahwa shalat hajat memiliki keutamaan yang besar. Diantaranya diberikan kemudahan, dihindarkan dari marabahaya, serta ditolong ketika mengalami kesulitan.

2. Istighfar

Amalan sunah sebelum nikah berikutnya adalah perbanyak Istighfar. Istighfar merupakan salah satu kalimat dzikir yang dilafadzkan untuk memohon ampunan. Selain itu, keutamaan istighfar juga baik agar urusan dipermudah dan diberikan kelapangan hati.

Momen menuju pernikahan biasanya akan timbul banyak cobaan. Baik cobaan pasangan, kesehatan, keuangan, dan masih banyak lagi. Istighfar bisa menjadi ikhtiar agar hati lebih tenang dalam menghadapi berbagai cobaan.

Baca Juga: 7 Restoran Unik untuk Tempat Pernikahan di Jakarta Berkonsep Intimate Wedding

3. Amalan Sunah Sebelum Nikah Dengan Bersedekah

amalan sunah sebelum nikah

Sedekah merupakan amalan yang sangat bermanfaat bagi sesama. Tidak hanya untuk orang lain, nyatanya manfaat baik sedekah juga bisa dirasakan oleh diri sendiri. Seseorang yang bersedekah akan terhindar dari musibah, marabahaya, memanjangkan umur, serta terhindar dari berbagai kejahatan.

Calon pengantin yang sedang dilanda berbagai cobaan dapat melakukan sedekah sebagai penenang diri. Bersedekah juga akan mendapatkan doa dari orang yang diberi. Siapa tau doa yang baik untuk Kamu dan pasangan bisa didapatkan, dan menjadi salah satu sebab atas lancarnya pernikahan.

4. Melakukan Puasa Sunah

amalan sunah sebelum nikah

Biasanya calon pengantin akan melakukan puasa sebelum akad nikah. Perlu diingat bahwa puasa yang dilakukan harus sesuai dengan tuntunan syariat. Kamu bisa melakukan puasa Senin-Kamis, Daud, atau sejenisnya.

Misal hari pernikahan jatuh tepat di momen Iduladha, Kamu bisa mencoba berpuasa Arafah. Lakukan puasa sesuai dengan tuntunan agar berbuah pahala. Secara medis pun berpuasa dapat membantu menjaga kesehatan.

Hikmah lain berpuasa sebelum menikah adalah sebagai ikhtiar terkabulnya doa. Calon pengantin dapat memperbanyak doa selama berpuasa. Baik doa agar hajat dilancarkan, sampai doa memohon kebaikan dan kelancaran berumah tangga.

Tidak ada ajaran harus menghindari makanan-makanan tertentu sebelum akad nikah. Ajaran sesuai syariat adalah puasa dengan catatan sesuai tuntunan Rasullullah. Jika Kamu sedang puasa, gunakan waktu musjajab pada sahur dan menjelang berbuka untuk berdoa.

5. Belajar Ilmu Agama sebagai Amalan Sunah Sebelum Nikah

Tujuan pernikahan yang paling utama adalah beribadah. Tanpa ilmu, ibadah tidak akan sempurna. Termasuk pernikahan. Jangan lupa untuk membekali diri dengan ilmu-ilmu berumah tangga. Kamu bisa membaca buku-buku pernikahan, atau sharing dengan teman yang sudah lebih dulu menikah.

Beramal tanpa ilmu bagaikan berjalan tanpa penuntun. Tanpa adanya penuntun, perjalanan akan terasa sangat sulit. Seperti itulah pentingnya memiliki ilmu agama agar perjalanan pasca akad menjadi lebih terarah.

Belajar ilmu agama sebelum pernikahan juga memberikan hikmah lain. Kamu tidak akan memiliki waktu kosong. Hari-hari penantian menuju akad pun akan terasa lebih bermakna. Hati pun jauh lebih tenang dengan belajar agama.

6. Sebaiknya Tidak Berduaan dengan Calon Pasangan

amalan sunah sebelum nikah

Nah yang satu ini kerap dilupakan. Memang Kamu akan sah secara agama dan hukum sebagai pasangan suami-istri. Akan tetapi jika belum waktunya akad, maka status Kalian berdua masih belum mahram. Oleh karena itu sebaiknya tidak berduaan terlebih dahulu dengan calon pasangan.

Kamu bisa berkomunikasi seputar persiapan pernikahan dengan keluarga calon suami/istri. Selain terhindar dari dosa, tanpa momen berduaan dengan pasangan diharapkan akan terhindar dari fitnah.

Itu dia amalan sunah sebelum nikah yang bisa kamu lakukan. Lebih baik lagi untuk melakukan ibadah-ibadah di atas secara kontinyu. Bahkan seharusnya setelah menikah amalan-amalan sunah tersebut dilakukan lebih giat lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top