Intip 5 Inspirasi Gaun Pernikahan Syar’i Yang Lagi Trend

5.jpg

Sebagai muslim, siapa yang tidak ingin menggenapkan separuh agamanya dengan menikah? Apalagi bagi kamu yang sudah dewasa dan matang, memiliki kemampuan finansial, dan sudah punya calon. Tidak ada alasan untuk memperlama proses pernikahan, segera persiapkan!

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam persiapan pernikahan adalah  pakaian pengantin yang dikenakan. Pakaian pengantin disesuaikan dengan tema pesta pernikahan yang dipilih. Pada pesta pernikahan syar’i, biasanya mempelai wanita mengenakan gaun. Gaun-gaun ini terinspirasi dari pakaian modern maupun pakaian adat yang dimodifikasi. Yuk cek 5 inspirasi gaun pernikahan syar’i di artikel ini!

Inspirasi Gaun Pernikahan Syar’i

1. Gaun Putih Standar

Gaun putih standar sesungguhnya terinspirasi dari gaun putih yang biasa dipakai pada pernikahan modern. Hanya saja, gaun ini dimodifikasi agar sesuai syar’i. Pemakai gaun ini akan menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Gaun ini dapat dilengkapi penutup kepala a la pernikahan modern atau Tiara kecil.

2. Gaun dari Baju Adat Modifikasi

Tatkala kamu memilih pesta pernikahan bertema adat dan masih ingin mengenakan gaun, kamu punya beberapa pilihan. Mengenakan gaun di acara akad saja atau mengenakan gaun dari baju adat yang dimodifikasi? Salah satunya adalah membuat gaun kebaya. Gaun ini dapat kamu aplikasikan, salah satunya pada pernikahan adat Sunda dan Jawa. Bila mau, tambahkan batik pada bagian rok agar tetap menjunjung nilai adat.

Selain memodifikasi pakaian, kenakan penutup kepala khas adat saat mengenakan gaun adat modifikasi. Misalkan siger Sunda atau mahkota Minang. Anggun, ya?

3. Gaun berwarna pastel

Bosan dengan warna putih dan ingin berkreasi dengan warna lainnya? Pilihlah warna-warna pastel untuk memperkuat aksen sakral terutama pada momen akad nikah. Beberapa warna pastel yang dapat dipilih adalah merah muda atau baby blue.

Perhatikan pemilihan motif dengan seksama. Kamu dapat memilih mengenakan gaun pastel dengan kain polos berlapis-lapis atau dengan renda yang banyak untuk memberi kesan berat.

4. Gaun Chiffon yang Lucu

Kamu bisa terlihat tambah imut dan menggemaskan dengan memakai gaun ini! Gaun yang terlihat seperti tumpukan kue ini memberikan kesan innocent dan murni pada mempelai wanita yang mengenakannya. Gunakan hiasan kepala sederhana untuk melengkapinya. Kamu dapat memilih warna putih hingga pastel ketika mengenakan gaun tipe ini.

5. Gaun Outdoor yang Manis

Bagi kamu yang akan memilih tema pernikahan outdoor seperti garden party atau rustic wedding, kamu dapat memilih gaun ini sebagai pakaian di hari pesta.  Ornamen lipatan pada gaun ini terlihat simpel, namun keanggunan gaun yang satu ini ada pada hiasan bunga yang dilekatkan di pinggang dan dikenakan di kepala. Gunakan bunga berwarna-warni pada hiasan gaun dan buket yang digenggam.

Demikian lima inspirasi gaun pernikahan syar’i yang dapat kamu kreasikan. Selamat mengasah kreativitas! Semoga persiapan pernikahanmu lancar hingga hari H.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top