Kiat Dalam Menangani Masalah Rumah Tangga

gettyimages-539091889_p3158106.jpg

(sumber : castanet.net)

(sumber : express.co.uk)

Kalau boleh jujur sebenarnya salah satu alasan terbesar yang menyebabkan pertengkaran di rumah tangga adalah keuangan. Tidak jarang juga karena hal tersebut pernikahan menjadi bubar.

Bicara mengenai masalah keuangan tentu bukan hal yang mudah untuk dijelaskan. Meskipun begitu, kamu tak perlu khawatir. Sebab beberapa tips di bawah ini bisa menjadi solusi kamu akan masalah keuangan yang ada dalam rumah tangga.

1. Terbuka

(sumber : thoidai.com.vn)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menghindari masalah keuangan adalah bersikap terbuka kepada siapa pun, baik pasangan, orangtua, maupun anak-anak. Masalah pengeluaran sebaiknya tidak perlu dipendam sendiri.

Karena selain memberatkan pikiran, menyembunyikan suatu hal hanya akan membuat masalah baru dalam hidup kamu. Oleh karenanya, bila terjadi suatu hal buruk pada keuangan, selalu beritahu orang-orang terdekat dan diskusikan semua keputusan yang menyangkut keuangan, seperti pengeluaran, pemasukan, tabungan, investasi, dan lainnya.

2. Buat Kesepakatan

Sebelum membelanjakan uang-uang kamu, alangkah baiknya membuat aturan dulu yang perlu disepakati bersama keluarga. Misalnya menentukan berapa persen uang yang harus kamu alokasikan untuk tabungan, investasi, membayar tagihan, persiapan dana darurat, dan lain-lainnya.

3. Menabung

(sumber : halomoney.com)

Tidak perlu terlalu banyak menabung uang di bank. Karena hanya dengan sejumlah uang kecil saja kamu sudah bisa membuat simpanan yang bermanfaat. Jadi bila mendapat kembalian belanja, uang tol atau parkir, tabunglah uang-uang tersebut.

4. Berdiskusi Mengenai Tabungan

Untuk menyimpan uang, terserah apa pilihanmu. Bisa dengan tabungan bersama atau pribadi, keduanya sama-sama bermanfaat. Akan tetapi, sebelum memutuskan, sebaiknya kamu perhatikan dulu beberapa risiko dan pengaruhnya.

Dalam hal ini, agar tak salah mengambil langkah lebih baik diskusikan dulu bersama pasangan. Karena hal-hal yang berkaitan dengan uang perlu disesuaikan dengan sikap pasangan.

5. Tentukan Tujuan Jangka Panjang

Memanfaatkan uang jangan hanya untuk hari ini saja, melainkan juga beberapa hari, bulan atau tahun-tahun ke depan. Untuk itu tentukanlah beberapa hal di masa mendatang yang kiranya membutuhkan banyak uang. Misalnya pendidikan anak, pernikahan anak, masa pensiun, dan lainnya. Ini akan membantu kamu menyimpan uang dan tak kewalahan ketika saat-saat itu tiba.

6. Melacak Pengeluaran

Sebelum mengalokasikan uang, sebaiknya kamu lacak dahulu beberapa pengeluaran yang sering dilakukan sehari-hari. Ini sangat bermanfaat, terutama bila kamu melakukannya pada awal pernikahan.

Karena dengan cara ini kamu bisa mengira-ngira seberapa besar pengeluaran rumah tangga setiap hari atau bulannya. Selain itu, kamu juga lebih memahami apakah kamu orang yang disiplin dalam hal keuangan atau malah asal-asalan.

7. Membuat Anggaran yang Realistis
Pastikan anggaran yang kamu buat realistis dan dapat direalisasikan dengan baik. Jangan buat anggaran yang terlalu sedikit, sehingga kamu harus memaksakan diri sampai tak bisa menikmati hidup. Jangan juga menetapkan anggaran yang terlalu longgar hingga membuat hidup kamu terlalu boros.

8. Bekerjasama untuk Mengatur Keuangan
Dalam mengatur keuangan kamu dan pasangan harus selalu bekerja sama. Jangan ada yang mendominasi atau terlalu pasif di antara kalian. Jika ini berkaitan dengan masalah keuangan, maka kamu dan pasangan harus sama-sama aktif. Mungkin awalnya kalian canggung, tapi kalau dibiasakan lama-lama akan terbiasa juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top