Orang-orang yang Sebaiknya Dikunjungi Saat Lebaran

Berkunjung-waktu-lebaran.jpg

Lebaran begitu identik dengan momen saling berkunjung. Selain menjalin silaturahmi, kunjungan ke orang-orang terdekat kita juga diharapkan akan mempererat tali persaudaraan antar sesama. Dengan demikian, esensi dari ibadah Ramadan hingga Idulfitri pun bisa kita rasakan. Nah, siapa saja orang-orang yang sebaiknya kita kunjungi saat lebaran? Berikut ulasannya.

1. Orangtua

Orangtua merupakan sosok pertama yang wajib anda kunjungi saat lebaran. Bagi yang sudah tinggal terpisah dengan orangtua atau yang bekerja di luar kota, maka khususkanlah waktu lebaran untuk mudik atau berkunjung ke rumah orangtua.

Sebab semua orangtua pasti akan mendambakan momen berkumpul bersama anak dan cucu-cucunya. Maka lebaran adalah momen yang sangat tepat untuk mewujudkan keinginan tersebut.

2. Mertua

Bagi yang sudah menikah, mengunjungi mertua saat lebaran tentu wajib hukumnya. Mertua dan orangtua sebenarnya posisinya sama. Bedanya mertua merupakan orangtua dari pasangan anda. Namun mertua pun juga memiliki keinginan berkumpul bersama anak, menantu, dan cucu-cucunya.

Biasanya waktu cuti bersama lebaran relatif lama jika dibandingkan hari libur biasa. Maka anda bisa berdiskusi dengan pasangan agar waktu kunjungan ke orangtua dan mertua bisa terbagi secara baik. 

3. Tetangga

Tetangga adalah saudara terdekat kita. Mau sebanyak apapun saudara, teman, ataupun relasi bisnis, hubungan dengan tetangga wajib kita jaga. Maka agar hubungan baik di lingkungan rumah kian terjalin, jangan sampai melewatkan momen kunjungan ke tetangga-tetangga kita.

Jangan saling menunggu agar bisa dikunjungi terlebih dulu. Cobalah untuk bersambang terlebih dulu. Tidak ada salahnya juga membawa kue atau masakan lebaran ketika berkunjung ke tetangga.

4. Kakek dan Nenek

Masih memiliki kakek dan nenek? Jangan sampai melupakan mereka di momen nan fitri ini. Meskipun memerlukan pengorbanan dengan menempuh perjalanan cukup jauh, namun kunjungan anda ke kakek dan nenek begitu berharga.

Saatnya bagi yang muda-muda seperti anda untuk berkunjung dan membahagiakan mereka di hari raya nanti. Bagilah waktu libur anda sebaik mungkin agar kunjungan ke orangtua, mertua, kakek dan nenek bisa terbagi secara baik.

5. Sanak Saudara yang Lebih Tua

Karena jarang berkumpul di hari-hari biasa, jangan sampai lewatkan momen Idulfitri dengan tidak mengunjungi sanak saudara. Anda bisa menyelipkan agenda kunjungan ke paman, bibi, dan kerabat lainnya. Tentu saja selain membuat esensi lebaran lebih terasa, hubungan baik dengan kerabat lainnya pun bisa anda jalin lebih erat.

6. Kaum Duafa yang Ada Disekitar

Lebaran tak hanya berbagi kebahagiaan dengan saudara, kerabat, atau tetangga. Namun juga kaum duafa yang ada di sekitar kita. Jangan sampai kita bersenang-senang merayakan kemenangan sementara di dekat kita masih ada yang merayakannya dengan suasana penuh keterbatasan.

Agendakan kunjungan ke kaum duafa yang ada di sekitar anda. Kunjungan dan sedekah yang anda bawa semoga bisa menambah kebahagiaan mereka di momen nan fitri ini. Jadi jangan sampai momen lebaran dengan libur panjangnya anda lewatkan begitu saja tanpa berkunjung ke orangtua, sanak, kerabat, dan tetangga sekitar. Semoga bermanfaat.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top