Pahami 5 Tips Rumah Tangga Tetap Harmonis Meski Ada Cobaan

tips-rumah-tangga-2.jpg

Pahami 5 Tips Rumah Tangga Tetap Harmonis Meski Ada Cobaan,- Para ahli menuturkan jika setelah 2 tahun menikah, pasangan mulai memasuki fase realistis dan butuh penerapkan berbagai tips rumah tangga. Pasangan mulai melihat kekurangan-kekurangan satu sama lain sehingga menjadi mudah merasa kecewa, lebih sering marah, dan uring-uringan. Fase ini merupakan fase dimana pernikahan menjadi rentan dengan perceraian.

Perlu siasat yang baik untuk menghadapi masa-masa rentan dalam pernikahan tersebut. Kedua belah pihak perlu bekerja sama dengan baik agar tetap bisa mempertahankan hubungan pernikahan agar tidak terasa “hambar” dan memburuk keadaannya, apalagi hingga berujung pada pemikiran bahwa tidak ada alasan lagi untuk tetap bersama.

Tips Rumah Tangga Harmonis

Ada beberapa tips rumah tangga yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan pernikahan agar tetap untuh, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyeimbangkan Waktu antara Bekerja dan Mengurus Keluarga

tips rumah tangga 1

Baik suami dan istri yang bekerja perlu membuat batasan untuk menyeimbangkan waktu antara bekerja dan urusan keluarga. Usahakan jika sudah sampai di rumah segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan sudah ditinggalkan, sehingga bisa lebih fokus menghabiskan waktu untuk bersama dan mengurus keluarga.

2. Menjaga Romantisme dengan Pasangan meski Sudah Memiliki Anak

Tidak peduli sesibuk apapun mengurus keluarga dan bekerja, suami istri harus punya waktu berdua. Hubungan suami istri yang tetap hangat dan mesra akan menciptakan suasana rumah yang hangat dan bahagia. Luangkan waktu utnuk sekedar jalan-jalan, makan bersama, atau mengobrol santai dengan pasangan.

3. Menjalankan Prinsip yang Sama Soal Uang

Masalah pengelolaan keuangan yang tidak dikomunikasikan dengan baik banyak berujung pada pertengkaran pasangan. Dalam kasus yang berlarut-larut, permasalahan semacam ini bisa berujung pada perceraian. Untuk menghindarinya, setiap pasangan perlu menyamakan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan keluarga bersama-sama. Tentukan mana yang harus diprioritaskan, seberapa banyak yang perlu ditabung, serta tentukan masing-masing budget kebutuhan dan rekreasi.

4. Saling Mengalah

Tips rumah tangga berikutnya adalah saling mengalah. Setiap rumah tangga tidak pernah luput dari pertengkaran. Ketika timbul pertengkaran, perlu dipahami jika kita tidak harus selalu menang dan kelihatan paling benar sendiri.  Jika pasangan sedang emosi, lebih baik kita mengalah. Dalam kondisi tertentu, mengalah pada pasangan adalah pilihan terbaik untuk mempertahankan rumah tangga.

5. Segera Selesaikan Setiap Masalah

Ketika rumah tangga sedang dirundung masalah, maka jangan biarkan masalah berlarut-larut hingga berhari-hari. Begitu sebuah masalah mulai muncul, usahakan untuk menyelesaikannya dengan cepat. Usahakan pula untuk tidak bertengkar di hadapan anak-anak. Sebisa mungkin bicarakan dengan kepala dingin dan saat anak-anak sedang tidak bersama dengan kita.

Cobalah untuk selesaikan masalah dengan cepat dan tidak diungkit-ungkit lagi membuat pernikahan akan tetap hangat dan harmonis. Selain itu, jika mendapat tips rumah tangga yang baik, silakan praktekkan. Jangan mengingkari saran baik dari siapapun.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top