Pahami Dulu Makna Perkawinan Sebelum Putuskan Bersama (#Kajian Tentang Pengertian Perkawinan)

Pengertian-perkawinan.jpg

Pahami Dulu Makna Perkawinan Sebelum Putuskan Bersama (#Kajian Tentang Pengertian Perkawinan) – Perkawinan adalah kodrat alami yang seharusnya dialami oleh semua makhluk hidup, tak terkecuali juga manusia. Bahkan perkawinan yang masuk dalam ranah hukum privat, menjadi tujuan akhir sebuah hubungan antar insan.

Hubungan akan berakhir dengan begitu manis bila dipersatukan dalam ikatan lahir batin bernama perkawinan, sebuah janji suci dihadapan tuhan dan manusia.

Apalagi hanya dalam perkawinanlah sebuah hubungan akan diakui oleh masyarakat dan negara. Khusus untuk kamu yang beragama islam, malah tidak mengenal hubungan sebelum menikah selain hanya pertamanan. Tidak ada istilah pacaran. Tetapi tahukan kita apa itu makna dan pengertian perkawinan yang sebenarnya?

Pengertian Perkawinan Dari Berbagai Sudat Pandang

Apakah perkawinan hanyalah sebuah akad yang dilangsungkan di depan sejumlah saksi dan wali dengan berbagai rukun dan syarat sahnya? Jelas tidak. Perkawinan memiliki makna yang begitu luhur dan mendalam.

1. Perkawinan Menurut Ahli

pengertian perkawinan menurut ahli

Pengertian perkawinan memiliki dimensi yang sangat luas. Tergantung dari nama kita memandangnya. Lili Rasjidi (1991:2) dalam bukunya “Hukum Perkawinan Dan Perceraian di Malaysia dan Indonesia melihat perkawinan dari sudut pandang bahasa dan sematik.

Menurutnya perkawinan berasal dari kata “kawin” yang tidak lain adalah terjemahan dari bahasa Arab, nikah. Nikah sendiri memiliki dua pengertian, dalam arti yang sebenarnya yang berarti berkumpul dan dalam arti kiasan aqad atau membuat perjanjian perkawinan.

Sedang menurut Soemiyati (2007: 8-9), menjelaskan bahwa perkawinan itu merupakan perjanjian perikatan yang suci yang melibatkan laki-laki dan perempuan untuk membentuk keluarga.

2. Perkawinan Menurut KBBI

Jika kita coba buka KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) terbitan Departemen Pendidikan Nasional (2001: 518) , maka kita akan mendapatkan definisi kawin sebagai 1) bersuami atau beristri; membentuk keluarga dengan lawan jenis; menikah. Jadi sebenarnya pengertian yang diberikan oleh KBBI tidak jauh berbeda dengan apa yang diberika oleh para ahli.

3. Perkawinan Menurut UU No. 1 Tahun 1974

pengertian perkawinan menurut UU Perkawinan

UU No. 1 Tahun 1974 adalah undang-undang yang menjadi dasar hukum keberadaan perkawinan di Indonesia. Undang-undang ini mengakomodasi seluruh ketentuan hukum tentang perkawinan di Indonesia secara abstrak.

Pada Pasal Pasal 1 UU No 1 Tahun 1974 memberikan pengertian perkawinan sebagai adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita dalam ikatan suami istri dengan tujuan untuk membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

4. Perkawinan Menurut Kompilasi Hukum Islam (KHI)

Ada beragam pandangan islam mengenai perkawinan, pendefinisanya juga ada banyak sekali dalam berbagai kitab. Untuk mempermudah, kita ambil defiisi dari Kompilasi Hukum Islam saja, tepatnya yang ada di Pasal 2 KHI, pernikahan adalah akad yang sangat kuat atau mitssaqan ghalidzan yang dijalin untuk mentaati perintah Allah dan melaksanakannya merupakan sebuah ibadah.

5. Perkawinan Menurut Hukum Adat

Terakhir, kita cermati makna perkawinan dari hukum adat. Sebab masyarakat Indonesia sebagian besar masih menggunakan hukum adat sebagai dasar mengambil keputusan.

Menurut hukum adat, perkawinan tidak hanya ikatan lahir batin antara laki-laki dan perempuan yang akan membentuk ikatan rumah tangga saja. Melainkan juga ikatan kekerabatan antar dua keluarga, yaitu keluarga laki-laki dan perempuan yang akan menikah. Bahkan terkadang sampai dengan hubungan lingkungan juga.

Kesimpulan

Dari beberapa sudut pandang tentang pengertian perkawinan di atas, kita dapat dapat simpulkan bahwa yang namanya perkawinan itu adalah ikatan suci antara seorang wanita dengan seorang laki-laki. Tujuanya adalah untuk membentuk hubungan rumahtangga sebagai seorang insan.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top