Tak Perlu Bingung, Begini Cara Membuat KK Selama Masa PPKM

Cara-Mengurus-KK-Selama-Masa-PPKM-Superyou.jpg

Cara membuat KK selama masa PPKM ini kerap membuat bingung banyak orang. Memang tak bisa dipungkiri, pembatasan kegiatan masyarakat yang ditetapkan oleh pemerintah selama pandemi ini membuat segalanya jadi serba tertunda.

Namun bagi kamu yang hendak membuat Kartu Keluarga atau KK tak perlu khawatir. Sebab, pembuatan KK sudah bisa dilakukan secara mudah dan bahkan bisa dicetak sendiri di rumah.

Inovasi Kemendagri yang Memudahkan Cara Membuat KK Selama Masa PPKM

Perkembangan teknologi yang kian canggih, memungkinkan setiap proses pembuatan KK ini dilakukan secara online. Cukup bermodalkan komputer disertai koneksi internet yang stabil, maka urusan membuat KK tetap bisa dilakukan meski dalam masa PPKM.

Sebelum pandemi, masyarakat diwajibkan untuk mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta melakukan beberapa prosedur tertentu untuk memiliki KK.

Namun kini, cara mengurus KK selama PPKM terasa kian mudah usai Kemendagri melakukan pengembangan pada pelayanan online di tengah pandemi. Tentu saja hal ini dilakukan guna membantu sekaligus memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan administratif sesuai kebutuhan.

Tak bisa dipungkiri, pengembangan layanan administrasi secara online ini membuat sebagian besar layanan Dukcapil semakin mudah. Sebab, semua dokumen kependudukan yang dibutuhkan masyarakat bisa dikirimkan secara langsung. Pengirimannya pun dilakukan online dalam bentuk file PDF melalui smartphone.

Bagi masyarakat yang telah memiliki file PDF tersebut, bisa langsung mencetak dokumen terkait menggunakan kertas HVS 80 gram. Akan tetapi, cara mengurus KK selama masa PPKM berbasis online ini baru diterapkan oleh Dukcapil di beberapa daerah saja.

Cara Membuat KK Selama Masa PPKM Secara online

Ada dua cara melakukan pengurusan KK selama masa PPKM saat ini, di antaranya sebagai berikut:

1. Melalui situs resmi Kemendagri

Seperti yang telah disebutkan, Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri telah mempermudah urusan masyarakat dalam hal pembuatan dokumen secara online. Tentu saja, hal ini bisa dilakukan melalui situs resmi Kemendagri.

Adapun cara mengurus KK selama masa PPKM ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi situs Kemendagri https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id, kemudian melakukan pendaftaran dengan cara membuat akun terlebih dulu. Siapkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK beserta e-KTP yang dimiliki.

Langkah berikutnya adalah mengisi data diri berupa 16 digit angka NIK, nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Kemudian, kamu akan diminta memasukkan nomor ponsel yang masih aktif, email, password, dan kode captcha. Setelah semua terisi, jangan lupa melakukan verifikasi data dengan cara memasukkan kode yang dikirim ke nomor ponsel yang telah didaftarkan.

Berikutnya adalah masuk ke aplikasi SaPA Kemendagri. Caranya juga tergolong udah, karena kamu hanya perlu menggunakan akun yang telah didaftarkan sebelumnya. Pada aplikasi satu ini, kamu bisa mengajukan berbagai permohonan administratif termasuk pembuatan KK.

Masuk saja ke dalam aplikasi SaPA dengan menggunakan nomor ponsel sekaligus password yang telah didaftarkan. Selanjutnya, pilih fasilitas pengurusan dokumen secara online, isi formulir permohonan. Setelah itu, kamu akan mendapat notifikasi online untuk mencetak KK yang dimaksud.

Apabila sudah mendapatkan notifikasi, maka kamu sudah bisa mencetakkan KK sendiri secara online menggunakan kertas HVS 80 gram. Bisa juga melalui beberapa anjungan mandiri yang biasanya ada di beberapa tempat umum, seperti mall ataupun balai kota.

2. Melalui situs resmi Dukcapil

Saat ini, beberapa Dukcapil di sejumlah daerah telah mengembangkan layanan mengurus KK secara online selama masa PPKM. Ketika hendak mencetak dokumen tersebut, para pemohon akan diberi PIN unik secara pribadi oleh Dukcapil. Tentu saja, PIN semacam ini bersifat rahasia yang terkirim pada smartphone ataupun email sang pemohon pembuatan dokumen.

Adapun cara mengurus KK selama masa PPKM melalui situs resmi Dukcapil ini cukup mudah. Masyarakat hanya perlu mengajukan permohonan melalui situs dan aplikasi mobile. Tentu saja, fasilitas ini telah disediakan oleh masing-masing Disdukcapil Kabupaten dan juga Kota.

Ketika mengisi formulir permohonan, jangan lupa menyertakan nomor ponsel atau alamat email yang aktif. Setelah semua terisi, petugas Dukcapil akan segera memproses permohonan hingga akhirnya ditandatangani secara TTE oleh Kepala Dinas Dukcapil terkait.

Kemudian, sistem aplikasi SIAK akan mengirimkan notifikasi khusus kepada masyarakat melalui email atau SMS. Biasanya, informasi ini berupa PIN atau tautan situs tertentuuntuk cetak dokumen yang dimaksud. Menariknya, setiap orang bisa menggunakan informasi tersebut guna mencetak dokumen kependudukan secara mandiri dari mana saja.

Demikian beberapa informasi terkait cara membuat KK selama masa PPKM. Semuanya memang terasa serba sulit saat ini, tetapi percayalah bahwa pemerintah juga telah menyiapkan berbagai langkah terbaik untuk memudahkan mobilitas masyarakat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top