Tak Susah! Ini 11 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

cara-mencegah-bau-mulut.jpg

Bau mulut saat puasa adalah hal lumrah yang terjadi. Hal ini dikarenakan asupan air yang kurang membuat mulut cenderung kering dan timbul bau tidak sedap. Bau mulut seringkali membuat rasa percaya diri kita menjadi turun. Apalagi jika kita harus bicara di depan banyak orang.

Cara Mencegah Bau Mulut

Sebenarnya kamu bisa mencegah bau mulut saat puasa dengan tips jitu. Nah ada baiknya kamu simak tips di bawah tentang cara mencegah bau mulut saat puasa:

1. Jangan makan sembarangan saat sahur

Makanan seperti junk food, permen, kue manis bisa menyebabkan bau mulut saat berpuasa terutama jika dimakan saat sahur. Jadi makanlah sayur dan buah saat sahur agar kamu terbebas dari bau mulut. Sayur dan buah juga memenuhi nutrisi tubuh sehingga bagus untuk stamina saat berpuasa.

2. Membersihkan lidah

Kamu harus menggosok gigi setelah sahur. Gosok gigi saat sahur untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip pada sela-sela gigi. Tambah bagus jika kamu membersihkan lidahmu juga. Kamu cukup menggosok lidahmu dengan sikat gigi berpasta secara pelan-pelan. Lakukan 1-2 kali dalam sehari.

3. Konsumsi air putih saat sahur dan buka puasa

Puasa bukan halangan untuk minum air putih 8 gelas per hari. Kamu bisa memenuhinya saat sahur dan buka puasa. Asupan air yang cukup mampu mencegah dehidrasi dan menghindari penurunan produksi air liur. Air liur berfungsi menjaga keasaman pH dan mengontrol perkembangan bakteri penyebab bau mulut.

4. Hindari minum kopi

Minum kopi berlebihan membuat gigi dan bau mulut. Selama puasa, kamu harus mengurangi minum kopi terutama saat sahur dan mau tidur. Kamu bisa mengganti dengan banyak minum air putih atau minum segelas susu hangat. Cara mencegah bau mulut yang satu ini terbukti cukup ampuh.

5. Menyikat gigi dengan baking soda

Baking soda memiliki manfaat lain selain sebagai pengembang kue. Baking soda mampu membersihkan gigi dari sisa makanan dan plak. Campur ΒΌ baking soda dengan 2 sendok kulit lemon dan garam, tambahkan air, aduk hingga membentuk pasta. Lalu kamu bisa menggosok gigimu secara pelan-pelan. Pasta ini juga membuat nafas menjadi segar.

6. Menggunakan obat kumur non alkohol

Agar kebersihan mulut dan gigimu maksimal, kamu bisa berkumur menggunakan obat kumur non alkohol. Obat kumur mampu membersihkan secara menyeluruh pada bagian mulut dan menyegarkan nafas. Jadi selamat tinggal bau mulut.

7. Memanfaatkan benang gigi

Jika ada sisa makanan yang terselip pada sela gigi dan sulit dibersihkan. Kamu bisa mencoba membersihkannya dengan memanfaatkan benang gigi. Masukkan benang gigi pada sela gigi, gosok-gosok hingga sisa makanannya terlepas. Sisa makanan merupakan penyebab bau mulut.

8. Rajin berolahraga

Puasa jangan dijadikan alasan untuk malas berolahraga. Kamu harus rajin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Pasalnya berolahraga mampu mengeluarkan racun dari tubuh termasuk bau mulut.

9. Hindari makan makanan yang beraroma khas

Makanan beraroma khas dan sangat kuat juga menyumbang bau mulut kita menjadi tidak sedap. Hindari makan jengkol dan durian selama berpuasa.

10. Hindari makan makanan yang lengket

Makanan lengket berpotensial menempel pada gigi dan menjadi sisa makanan penyebab bau mulut. Kamu harus menghindari makan cokelat dan permen gulali. Kamu bisa menyiasatinya dengan makan permen mint yang beraroma segar.

11. Tidur yang cukup jangan berlebihan

Tidur berlebihan juga bisa menyebabkan bau mulut saat berpuasa. Kita tidak sadar saat tidur, mulut menjadi kering dan kurang air. Nah disinilah, cikal bakal dari bau tidak sedap.

Itulah berbagai cara mencegah bau mulut, semoga bisa mengatasi persoalan kamu ya. Salam.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top