Tema-Tema Dekorasi Pernikahan Paling Populer Tahun 2019

Tema-Dekorasi-Pernikahan-Paling-Populer-elegan.jpg

Pernikahan adalah suatu momen sakral yang menyatukan dua insan. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kekuatan momen tersebut adalah dekorasi. Dalam merencanakan dekorasi, selain menentukan warna dan ornamen, perlu untuk mempertimbangkan makna dari setiap item dekorasi yang dipilih.

Agar tidak bingung menentukan, berikut kami paparkan beberapa tema dekorasi paling populer untuk pernikahanmu di tahun 2019!

Dekorasi Pernikahan Paling Populer Bertema Adat

Per 2019, pernikahan bertema adat masih menjadi primadona di Indonesia. Hal ini disebabkan kuatnya nilai adat dan kedaerahan di masing-masing keluarga di Indonesia. Beberapa keluarga menjadikan pernikahan sebegai sarana memperkuat identitas adatnya.

Beberapa tema dekorasi paling populer adat yang populer di Indonesia dapat dilihat dalam uraian berikut ini.

1. Dekorasi Pernikahan Adat Jawa

Pernikahan adat Jawa adalah salah satu tema pernikahan yang sangat diminati muda-mudi, terlepas dari banyaknya upacara adat yang dilaksanakan dalam prosesnya.

Pernikahan adat Jawa memiliki nilai filosofi yang mendalam pada setiap tahapannya. Muda mudi yang ingin melestarikannya dan menyukai makna pada setiap hal cocok melaksanakan pernikahan ala adat Jawa ini.

Dekorasi Adat Jawa umumnya menggunakan warna dominan coklat, diikuti putih dan hijau. Ada beberapa item yang harus ada seperti gebyok (latar pelaminan berbentuk seperti pintu menandakan pintu masuk dunia baru yang akan dijalani pengantin), motif batik, gunungan, patung loro blonyo simbol kedua pengantin, dan rangkaian buah dan sayur di sisi pelaminan. Kamu dapat menambahkan atap pellaminan berbentuk joglo.

2. Dekorasi Pernikahan Adat Sunda

Pernikahan adat Sunda adalah salah satu gaya pernikahan idaman setelah pernikahan penyanyi Raisa Andriana dan suaminya, Hamish Daud di 2018 lalu. Pernikahan adat Tanah Parahyangan ini memiliki warna dominan putih melati dan hijau, sehingga memungkinkan diadakan indoor dan outdoor bersamaan dengan garden party.

Bambu menjadi elemen prima dalam tema pernikahan ini. Selain itu, bunga sedap malam dan bunga melati adalah bunga yang akan mendominasi pernikahan adat ini.

3. Dekorasi Pernikahan Adat Minang

Pernikahan adat yang berasal dari Sumatera Barat ini menawarkan unsur glamor namun elegan dan tetap tradisional jika dilihat dari pilihan warnanya. Dominasi warna merah dan emas begitu kental dalam pernikahan adat ini.

Pelaminan dari pernikahan adat minang yang biasa diadakan di gedung-gedung berbentuk seperti gonjong, atap berbentuk tanduk khas Minangkabau.

Pelaminan akan menggunakan warna emas. Di sisi kanan dan kiri kursi pengantin terdapat tiang berbentuk segi lima dan tiang payung. Menyiasati warna ni, pilihlah bunga berwarna merah, kuning/ orange, dan putih seperti aster.

4. Dekorasi Pernikahan Adat Batak

Pernikahan adat Batak adalah salah satu pernikahan adat yang digandrungi. Pelaminan pada pernikahan adat ini berbentuk seperti rumah adat. Hiasan kain tenun ulos yang dibentuk benang berwarna merah, putih, dan hitam menjadi primadona dalam dekorasi pernikahan ini.

Dekorasi Pernikahan Paling Populer Rustic Wedding

Rustic wedding adalah salah satu tema dekorasi pernikahan yang dapat digunakan indoor dan outdoor. Rustic wedding terinspirasi dari suasana pernikahan di pedesaan, sehingga mengusung unsur natural bahkan vintage dan klasik.

Palet warna dari pernikahan tipe ini adalah hijau, putih, dan cokelat—terinspirasi dari kayu dan dedaunan. Simpel namun romantis. Dalam dekorasi tipe ini, kamu dapat mengkreasikan bahan-bahan alam dan barang-barang yang ada di gudang rumahmu.

Misalkan, untuk tatakan piring, kamu dapat menggunakan irisan batang kayu. Kamu dapat menghias meja makan dengan buket bunga berwarna putih dan kuning yang disimpan dalam kaleng bekas berwarna cokelat polos. Bahkan kamu dapat menjajarkan boots klasik bekas berisi sebuket bunga berwarna vintage di dalamnya!

Dekorasi Pernikahan Paling Populer Classic- Elegant

Tema Classic-elegant adalah tema yang masih digandrungi oleh beragam pernikahan. Tema pernikahan ini menggunakan kombinasi gradasi warna putih dengan sedikit sentuhan emas.

Ukiran pada dekorasi dipilih yang bersifat klasik. Kamu dapat berkiblat pada ukiran klasik Eropa untuk ini. Tema pernikahan seperti ini dapat memperkuat kesan sakral dari suatu resepsi.

Dekorasi Pernikahan Paling Populer Outdoor Wedding

Tema ini sangat cocok diterapkan pada pernikahan yang diadakan di pantai atau taman. Keuntungan penggunaan tema ini adalah kamu dapat memanfaatkan keindahan alam dengan lebih leluasa.

Untuk pesta pantai, kamu dapat menggunakan warna biru dan putih untuk menyenangkan mata tamu undangan. Pilihlah elemen dekorasi yang menggambarkan pantai seperti kerang, papan surfing, atau terumbu karang buatan. Gunakan bunga dengan palet dasar kuning untuk menambah keceriaan.

Untuk pesta kebun, maksimalkan penggunaan bunga warna-warni. Kamu dapat menggunakan warna pastel hingga colorfull. Pertimbangkan penggunaan tema ini jika sedang berada dalam musim hujan.

Dekorasi Pernikahan Paling Populer Syar’i Wedding

Pernikahan yang mengusung unsur Islami ini menjadi salah satu primadona seiring merebaknya tren hijrah di 2018 lalu. Syar’i wedding sarat dengan unsur pernikahan Arab. Ciri khasnya adalah penggunaan tirai sebagai latar.

Pada pernikahan ini, dapat dilakukan kombinasi dengan classic-elegant, bahkan rustic. Kebanyakan pernikahan tema ini adalah pernikahan indoor. Palet warna yang dipilih adalah warna pastel atau warna khas Arab seperti hijau, oranye, dan marun.

Itulah beberapa tema dekorasi pernikahan paling populer, terutama di tahun 2019. Selain lima tema pernikahan seperti yang dipaparkan di atas, kamu dapat memilih tema pernikahan lainnya, tergantung budget dan kesepakatan kamu dengan si dia.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top