Tempat Akad Nikah Terbaik: Rumah, KUA atau Masjid?

tempat-akad-nikah-dirumah.jpg

Di Indonesia, pasangan yang menikah itu biasanya bukan urusan calon suami dan istri saja. Tapi seluruh keluarga juga turut serta. Untuk menentukan tempat akad nikah saja bisa ada beberapa ide yang berbeda. Ada pihak yang lebih memilih masjid, tapi ada juga yang bilang akad nikah di rumah akan lebih nyaman. Bahkan ada juga yang bilang di KUA lebih praktis.

Tempat Akad Nikah

Jadi mana tempat akad nikah yang terbaik? Sebenarnya jawabannya tergantung dari kondisi dan kebutuhan tiap pasangan. Sebelum memutuskan, yuk kita bandingkan ketiganya. Jadi kamu bisa tahu tempat akad nikah mana yang terbaik untukmu dan pasangan.

1. Menikah di Rumah

Tempat akad nikah

Banyak orang lebih memilih melangsungkan akad nikah di rumah. Salah satu alasannya adalah bisa menghemat biaya sewa tempat. Melangsungkan akad nikah di rumah juga terasa lebih bebas. Karena kita tahu setiap ruangan yang ada. Pasangan bisa mengatur sendiri di mana acara dilangsungkan dan pembagian ruangan untuk tiap acara.

Hanya saja, melangsungkan acara di rumah juga ada kekurangannya lho. Salah satunya adalah jelas si pemilik rumah harus siap ribet. Kita bakal mengurus banyak hal sendiri. Meskipun menyewa jasa catering dan cleaning service, tak mungkin kita menyerahkan semuanya. Jadi harus siap repot sebelum dan sesudah akad nikah selesai.

Kalau kamu punya rumah yang tak terlalu besar juga harus dipikirkan dua kali. Kalau tidak, nanti bisa-bisa tak ada ruang yang cukup untuk tamu yang diundang. Solusinya adalah undang tamu yang terbatas saja. Misalnya hanya keluarga dan sahabat dekat.

Melangsungkan akad nikah di rumah paling cocok untuk yang ingin mengadakan acara sederhana dan intim. Hanya mengundang mereka yang benar-benar dekat, ini pas banget. Mereka yang punya rumah cukup luas, apalagi kalau ada halaman depan atau halaman belakang juga lebih cocok.

2. Menikah di KUA

Tempat akad nikah

Melangsungkan akad nikah di KUA juga tak ada salahnya lho. Dengan cara ini, kedua belah pihak pengantin dan keluarganya tak akan direpotkan. Cukup datang ke KUA dan langsungkan akad nikah yang simpel dan singkat. Cara ini banyak dilangsungkan di luar negeri.

Baca Juga: Intip 5 Inspirasi Gaun Pernikahan Syar’i Yang Lagi Trend

Tertarik memilih tempat akad nikah di KUA? Pikirkan dulu beberapa hal ini. Kamu dan pasangan tidak bisa melakukan keriaan di KUA. Selain itu, kamu tidak bisa mengundang banyak orang. Kalau perlu hanya ada keluarga inti dari kedua belah pihak saja.

Menikah di akad nikah cocok bagi pasangan yang lebih mementingkan esensi pernikahan. Masalah perayaan itu nomor ke sekian dan bisa dipikirkan belakangan. Yang penting kamu dan pasangan bisa mengikat janji dengan sah.

3. Tempat Akad Nikah di Masjid

Bagi yang muslim, mungkin sudah pernah mendengar nasihat bahwa akad nikah itu sebaiknya dilangsungkan di masjid. Ini bisa diambil dari hadits Aisyah RA mengenai sabda dari Rasulullah SAW berbunyi “Umumkanlah pernikahan ini dan lakukanlah di masjid-masjid” (Sunan Turmudzi No. 1089). Banyak yang mengartikan ini sebagai jika pernikahan dilakukan di masjid maka banyak orang yang tahu.

Banyak juga yang berpendapat bahwa memilih tempat akad nikah di masjid itu lebih banyak manfaatnya. Simpel dan sederhana, tak merepotkan juga bagi kedua mempelai dan keluarga. Tentu saja dengan catatan setiap orang yang berkepentingan harus menjaga sikap dan kesucian masjid.

Tidak ada tuntutan atau kewajiban untuk menikah di masjid. Bagi pasangan yang ingin mendapatkan suasana khidmat dan khusyu’ saat akad nikah dan bersaksi di tempat ibadah agar terasa semakin suci, maka bisa memilih masjid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top