Tips Menjaga Hubungan Rumah Tangga Yang Dianjurkan Dalam Islam

Tips-Menjaga-Hubungan-Rumah-Tangga.png

Tips Menjaga Hubungan Rumah Tangga Yang Dianjurkan Dalam Islam,-Pernikahan adalah sebuah ikatan suci yang mengingat hubungan antara lelaki dan perempuan menjadi ikatan saudara yang halal. Hubungan suami dan istri bagaikan 2 sahabat yang menjadi pasangan dalam mengarungi kehidupan. Yang berperan menjadi air kala satu sisi menjadi api yang berperan menjadi api penyemangat kala satu sisi telah mulai sesak karena masalah.

Tips Menjaga Hubungan Rumah Tangga

Rumah tanga itu bagai 2 gelas yang berjalan bersama gelas yang berjalan berdampingan tak akan berbunyi meski hanya sebatas percikan kecil. Oleh karena nya dalam berumah tangga tentulah perlu sikap yang diterapkan dalam kehidupa umat agar tertata sebagaimana mestinya. Diantara sikap yang akan menjadikan kaharmonisan rumah tangga, berikut tips menjaga hubungan rumah tangga yang dianjurkan dalam islam:

1. Sikap yang baik

Tips Menjaga Hubungan Rumah Tangga

Selayaknya fitrah seorang istri harus senantiasa taat kepada suami bertutur kata baik dan sopan serta senantiasa melakukan perintah suami selagi tidak melawan perintah Allah. Begitupula dengan suami sebagai suami yang baik sepantasnya menjadi sosok suami yang selalu setia mendengarkan keluh kesah seorang istri menjadi pendengar dan penasehat yang baik untuk istri.

Sebagaimana yang  dicontohkan oleh seorang Khalifah Umar bin Khattab yang hanya terdiam kala sang istri sedang marah, bukan malah memarahinya. Ketika kemarahannya reda barulah nasehat yang lembut dengan cara yang baik diberikan kepada istri.

2. Bersikap terbuka

Setiap dari pasangan akan mengalami masa dimana kesulitan itu ada lantas bagaimana cara mengatasinya?. Salah satunya adalah dengan sikap terbuka jika sikap ini ada diantara pasangan setiap masalah akan mampu terselesaikan dengan ringan.

Namun, apabila mereka saling menutupi masalah yang ada maka prasangka buruk akan ada diantara fikiran masing-masing.

3. Saling percaya

Tips Menjaga Hubungan Rumah Tangga 2

Kepercayaan adalah silsilah penting dalam kehidupan, bagaimana cara menumbuhkan kepercayaan?. Tentu anda tau jawabannya apalagi kalau bukan kejujuran.

Kejujuran adalah suatu sikap yang mampu tumbuh menjadi pembiasaan dalam diri seseorang dalam sebuah hubungan sikap ini mutlak wajib di perlukan agar mampu menumbuhkan sikap saling percaya.

4. Perhatian

Jika perhatian tak ada maka keharmonisan tak akan tercipta. Jika keharmonisan tak tercipta yang ada hanya sebuah hubungan datar dan hambar itulah kenapa suatu pasangan harus memiliki sikap peka dan perhatian. Dengan perhatian mereka akan sama-sama saling membutuhkan dan diperdulikan dan merasa keberadaannya dianggap.

Fikir saja siapa yang tidak sakit hati apabila keberadaanya tidak dianggap?. Maka itulah pentingnya sebuah perhatian dan rasa saling mengerti antara pasangan.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips menjaga hubungan rumah tangga yang dianjurkan dalam islam. Semua sikap memiliki peran dan kepentingannya masing-masing. Terus berbuat baik dan saling memperbaiki adalah kewajiban mutlak setiap muslim. Dengan selalu instrospeksi diri maka kita akan mampu membawa hidup kepada kebaikan dan mampu membawa kebaikan kepada hidup. Agar hidup bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan.

Litalia

Litalia

Penulis lepas yang suka dengan topik pernikahan, travelling, hukum dan desain interior. Kontak saya di litaliaku@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top